Sukses

Kalina, Mantan Istri Deddy Corbuzier, Keguguran. Apa Penyebabnya?

Hamil anak kedua, Kalina Ocktaranny mantan istri Deddy Corbuzier alami keguguran. Apa kira-kira penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Kalina Ocktaranny, mantan istri Deddy Corbuzier, harus merelakan kepergian bayi yang tengah dikandungnya, akibat keguguran. Selasa pagi (23/1/2018) Karina mengunggah sebuah foto wanita menggenggam tangan bayi di akun Instagram pribadi, dengan caption yang menyiratkan rasa kehilangannya tersebut.

Meski bayi yang dikandungnya masih terbilang mungil karena baru berusia 1 bulan 8 hari, Kalina telah menyiapkan sebuah nama anak perempuan. “Faliha Abigail Kaitlyn,” tulis Kalina dalam Instagramnya.

Kehamilan Kalina sempat diumumkannya Desember lalu. Kini ia pun tak kuasa menahan kesedihan karena telah kehilangan calon buah hatinya. Meskipun demikian, Azka anak pertamanya bersama Deddy Corbuzier selalu setia mendampingi untuk memberi semangat dan dukungan.

Kenali penyebab keguguran

Melihat kejadian keguguran yang dialami oleh Kalina, dr. Dyah Novita Anggraini dari Klikdokter mengatakan bahwa penyebab seorang ibu hamil mengalami keguguran bisa bermacam-macam.

“Keguguran adalah berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu. Bayi yang ada di dalam rahim tidak dapat bertahan hidup. Keguguran lebih sering terjadi antara minggu ke-7 sampai 12 atau lebih dikenal dengan trimester pertama dan banyak penyebabnya,” jelasnya.

Meskipun tak mudah dalam menentukan penyebab keguguran secara pasti, berikut ini beberapa faktor penyebab ibu hamil dapat mengalami keguguran menurut dr. Dyah Novita Anggraini:

  1. Kelainan kromosom

Faktor ini merupakan penyebab utama keguguran di trimester pertama. Dalam kondisi normal, tubuh memiliki 46 kromosom yang saling berpasangan. Jika jumlahnya kurang atau lebih, maka janin tak dapat berkembang dengan normal dan menyebabkan keguguran.

  1. Gangguan plasenta

Plasenta merupakan penghubung janin yang sedang berkembang dengan dinding rahim untuk penerimaan nutrisi dan pertukaran gas melalui darah ibu. Ketika terdapat gangguan pada plasenta, maka pertumbuhan janin akan terganggu karena tak mendapatkan nutrisi yang cukup.

  1. Usia ibu hamil

Ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun berisiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kualitas sel telur, sehingga janin tidak dapat berkembang sempurna.

  1. Gaya hidup

Kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol serta konsumsi kopi lebih dari 200 mg dalam sehari juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Selain itu, obesitas karena gaya hidup yang tidak sehat juga turut berpotensi menjadi penyebab keguguran.

  1. Adanya penyakit tertentu

Kandungan dapat terancam mengalami keguguran ketika ibu hamil yang mengandung memiliki penyakit diabetes, darah tinggi, ginjal, hipertiroid (kelebihan hormon tiroid) serta infeksi dari virus atau bakteri.

Belajar dari musibah keguguran yang dialami oleh Kalina Ocktaranny mantan istri Deddy Corbuzier, saat Anda hamil hindarilah faktor-faktor penyebab keguguran di atas. Lakukanlah pemeriksaan rutin terhadap janin Anda dan berkonsultasilah dengan dokter untuk menjaga perkembangan kehamilan Anda tetap sehat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar