Sukses

5 Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi

Kebiasaan sepele yang tidak disadari ternyata mampu meningkatkan risiko Anda terserang sakit kepala saat menstruasi.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda pernah mengalami sakit kepala atau migrain saat menstruasi, Anda tidak sendirian. Fakta membuktikan bahwa wanita 3 kali lebih sering terkena migrain dan 60% diantaranya terjadi menjelang atau selama menstruasi.

Perubahan hormonal memang memegang peranan akan terjadinya sakit kepala ini. Namun, beberapa kebiasaan, disadari atau tidak dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terkena migrain ini dibandingkan dengan wanita lainnya. Apa saja kebiasaan tersebut?

Kurang tidur

Sudah bukan rahasia lagi, kurang tidur menyebabkan kacaunya kerja tubuh. Sama seperti mesin, bila kurang diistirahatkan, tubuh juga bisa ‘panas’ dan kemudian mengalami penurunan fungsi, termasuk fungsi pengaturan hormon saat menstruasi.

Banyak konsumsi makanan yang mengandung tiramine

Tiramine adalah salah satu senyawa kimia dalam makanan yang diketahui dapat memicu munculnya migrain pada sebagian orang. Makanan yang banyak mengandung tiramine diantaranya daging asap, keju, alpukat, pisang dan coklat. Sebisa mungkin hindari berbagai jenis sajian ini bila sakit kepala kerap terjadi selama menstruasi.

Stres

Ketika seseorang dalam kondisi stres, tubuhnya melepaskan radikal bebas yang sifatnya merusak. Tidak hanya merusak sel-sel, namun radikal bebas yang ada juga dapat mengacaukan pengaturan hormon serta mood Anda saat menstruasi tiba.

Mengonsumsi makanan yang mengandung MSG

Sebagian wanita cenderung mudah lapar saat sedang menstruasi. Sah-sah saja mengemil di tengah jam makan untuk menawar perut yang keroncongan. Namun pilihlah cemilan yang sehat untuk tubuh dan kesehatan.

Hindari cemilan dan makanan yang banyak mengandung monosodium glutamat atau MSG. Karena zat ini ternyata dapat memperparah sakit kepala yang dialami saat menstruasi.

Menghirup aroma yang tajam

Parfum tubuh, pengharum ruangan, atau sekedar aroma buah yang tajam seperti durian ternyata dapat menjadi biang keladi pencetus migrain saat menstruasi. Agar aktivitas Anda tidak berantakan karena sakit kepala, usahakan hindari berbagai aroma menyengat ini.

Sakit kepala saat menstruasi memang menyebalkan, namun bukan tidak mungkin untuk dihindari. Sebisa mungkin kurangi kebiasaan yang dapat mendekatkan diri Anda dengan pemicu migrain di atas. Dengan begitu, hari- hari menstruasi Anda dapat terlewati dengan tetap aktif serta menyenangkan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar