Sukses

Anak Sakit Radang Tenggorokan, Kapan Harus ke Dokter?

Jangan sampai radang tenggorokan pada anak bertambah parah akibat terlambat ditangani.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu penyakit yang umum terjadi pada anak adalah radang tenggorokan. Bahkan ada sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini dapat terjadi 1–2 bulan sekali. Memang penyakit ini bukanlah sebuah penyakit musiman, tapi terdapat beberapa faktor yang dapat memicunya. Sebut saja alergi, infeksi, ataupun polutan yang ada di lingkungan sekitar.

Radang tenggorokan terdiri atas tiga jenis berdasarkan penyebabnya dan lama penyakitnya: akut (virus/bakteri), subakut (bakteri), dan kronis (bakteri). Gejalanya adalah rongga tenggorokan akan mengalami penebalan atau pembengkakan, serta kadang dapat ditemui ruam kemerahan ataupun bintik putih di bagian amandel yang menyebabkan anak nyeri saat menelan.

Lantas, kapankah sebaiknya anak dibawa ke dokter saat mengalami radang tenggorokan? Dikatakan oleh seorang ahli di bidang THT, apabila gejala anak tidak membaik setelah 5 hari, maka dibutuhkan asupan antibiotik untuk menghadapi bakteri yang dicurigai sebagai penyebab radang ini.

Karena jika penyebabnya adalah virus (85% kasus dicetuskan oleh virus), biasanya akan sembuh sendiri selama nutrisi pada anak itu baik. Anak juga diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di apotek.

Selain itu, jika terdapat keluhan lain seperti demam di atas 39 derajat Celsius dan anak tidak mau makan, perlu dicurigai adanya penyakit penyerta yang mendampingi dan butuh tindakan lebih lanjut dari dokter. Begitu pula jika anak mengalami ruam di kulit, kelenjar membengkak di leher, kesulitan bernapas ataupun kesulitan menelan.

Bagaimanapun juga, menjaga kebugaran tubuh dengan istirahat cukup dan mengonsumsi makanan bergizi akan menjadi bekal yang kuat untuk melawan virus tersebut. Jangan lupa ajak anak untuk minum air putih secara cukup agar tenggorokannya terasa nyaman. Dengan demikian, keluhan radang tenggorokannya dapat berangsur-angsur membaik dan anak bisa kembali beraktivitas dengan ceria.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar