Sukses

5 Film Anak Terbaik untuk Mendukung Tumbuh Kembang

Menonton film anak bisa menjadi sarana untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Menonton film tak selalu buruk bagi anak. Memilihkan film anak yang tepat dapat menjadi sarana yang mendukung tumbuh kembangnya. Anak dapat mempelajari banyak hal dari film, misalnya kehidupan satwa di alam terbuka, budaya suku tertentu, dan sebagainya. Pengetahuan ini akan menstimulasi perkembangan otak anak.

Menonton film juga dapat menginspirasi anak untuk menggali hal baik dari tokoh film yang ditonton. Sebagai contoh, menonton film tentang anak yang gemar makan sayur dapat memotivasi anak untuk mencoba makan sayur-sayuran.

Tak hanya itu, menonton film juga dapat memicu anak untuk membaca buku. Misalnya saja film Alice in Wonderland yang diadaptasi dari buku. Menonton filmnya dapat membuat anak bersemangat untuk membaca bukunya untuk mengetahui detail ceritanya.

Agar menonton film mendatangkan manfaat bagi tumbuh kembang anak, orang tua harus cerdas dalam menyeleksi film yang hendak ditonton serta mendampingi anak saat menonton. Berikut ini lima film seri untuk anak yang dapat menjadi pilihan:

 

 

1 dari 6 halaman

Diva The Series

 

Film serial ini asli buatan negeri sendiri, bercerita tentang anak perempuan bernama Diva dan kucing kecilnya bernama Pupus. Film ini menyajikan pesan positif di setiap serinya, misalnya untuk tidak takut bila disuntik oleh dokter, mengajarkan untuk berbagi dengan teman yang membutuhkan, belajar untuk tidak membeda-bedakan suku.

Pada beberapa seri, Diva juga memperkenalkan penontonnya dengan angka-angka dan konsep berhitung, pakaian adat, dan doa sebelum makan. Film ini juga menggunakan bahasa Indonesia yang jelas sehingga dapat membantu anak belajar berbahasa dengan baik, cocok untuk ditonton anak berusia 2 tahun ke atas.

2 dari 6 halaman

Peet – The Forest Detective

Film anak ini merupakan serial yang berasal dari Negeri Ginseng yang mengajarkan anak-anak belajar tentang misteri dunia tumbuhan dan hewan dengan cara yang menarik. Di setiap serinya, ada tiga detektif bernama Peet, Baba, dan Molly yang menemukan fenomena unik di alam terbuka dan berusaha memecahkan misteri dari fenomena tersebut.

Film ini menggabungkan antara tayangan dokumenter dari hewan dan tumbuhan, dengan ketiga tokoh detektif dalam bentuk kartun. Di salah satu saluran televisi, film Peet – The Forest Detective ini sudah disajikan dalam Bahasa Indonesia. Anak berusia 3 tahun ke atas akan menyukai film seri ini.

3 dari 6 halaman

Robocar Poli

Setelah sukses di negara asalnya, Korea, film serial yang bercerita tentang empat kendaraan ini telah memenangkan hati banyak anak Indonesia. Tak seperti cerita superhero pada umumnya yang sering menayangkan adegan kekerasan, film ini menceritakan tentang Poli (mobil polisi), Roy (mobil pemadam kebakaran), Amber (ambulans), dan Helly (helikopter) yang bekerjasama menjadi tim penyelamat kota Broom dan memecahkan banyak masalah di kota tersebut tanpa adegan kekerasan sama sekali.

Karena sering menyajikan masalah seputar kecelakaan lalu lintas, film ini sangat efektif untuk mengajarkan anak mengenai keselamatan dan keamanan lalu lintas. Di antaranya untuk menggunakan sabuk pengaman bila bepergian dengan mobil, bayi harus duduk di car seat, dan tidak boleh ngebut di jalan raya. Robocar Poli cocok untuk ditonton oleh anak berusia 2 tahun ke atas.

4 dari 6 halaman

Barney & Friends

Tokoh utama film dari Amerika ini bernama Barney, seekor Tyrannosaurus rex berwarna ungu yang suka bermain dengan anak-anak, menyanyi, serta menari.  Barney memiliki tiga teman baik, yaitu Baby Bop (dinosaurus berwarna hijau), BJ (dinosaurus berwarna kuning), dan Riff (dinosaurus berwarna oranye).

Di setiap serinya, ada pelajaran berbeda-beda yang disajikan, misalnya tentang apa yang harus dilakukan di hari pertama masuk sekolah, bagaimana berkenalan dengan teman baru, senangnya memelihara binatang, nikmatnya bermain bersama teman-teman, memainkan alat musik, dan sebagainya.

Selain berupa film seri, Barney & Friends juga disajikan dalam bentuk buku yang disertai dengan stiker-stiker lucu. Anak-anak yang menyukai film Barney, umumnya juga suka membaca bukunya sambil memasangkan stiker sesuai dengan alur cerita yang disajikan dalam buku. Film anak Barney & Friends didesain untuk dinikmati anak berumur 2–8 tahun.

5 dari 6 halaman

Sesame Street

Film seri buatan Amerika Serikat ini merupakan salah satu film seri anak tertua yang mulai diproduksi pada tahun 60-an. Sesame Street awalnya dibuat sebagai sarana edukasi untuk anak usia prasekolah di Amerika. Dalam perjalanannya, banyak negara di dunia juga mengadaptasi ceritanya.

Sesame Street menggunakan boneka (puppet) sebagai tokoh utamanya. Tokoh-tokohnya adalah Elmo (monster berbulu merah yang selalu ceria dan suka tertawa), Cookie monster (monster biru penggemar kue), Big bird (burung kuning besar yang mampu melakukan banyak hal), Bert dan Ernie (dua bersaudara yang sering melontarkan ide unik), dan Kermit (katak hijau yang suka bicara).

Melalui film seri ini, si Kecil dapat belajar alfabet, berbagai permainan (cilukba, lempar tangkap bola, dll), lagu anak yang mudah tetapi sarat maknanya. Di Indonesia, Sesame Street sempat diadaptasi dalam Bahasa Indonesia menjadi film seri berjudul Jalan Sesama.

Nah, kelima film anak ini patut dipertimbangkan untuk ditonton anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun, Anda perlu ingat untuk membatasi jam nonton paling lama dua jam dalam sehari agar anak juga mendapatkan kesempatan stimulasi tumbuh kembang dari kegiatan lainnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar