Sukses

Perhatikan Ini Sebelum Menyusui Bayi Kembar

Saat memiliki bayi kembar, banyak ibu yang mengalami kebingungan dalam urusan menyusui. Ini kiatnya agar tak lagi bingung.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki bayi kembar merupakan impian sebagian orang. Pasalnya, bayi kembar dianggap lebih lucu dan menggemaskan. Namun sebenarnya, urusan yang satu ini bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mengandung, melahirkan, dan merawat –termasuk menyusuinya.

Bicara tentang menyusui bayi kembar, tak sedikit yang  mengalami kesulitan saat melakukannya. Jadi bagaimana agar berhasil melakukannya dengan baik?

Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan:

  1. Persiapan sebaiknya dilakukan sejak masa kehamilan. Selama mengandung bayi kembar, Anda bisa mengikuti kelas latihan menyusui dan mempelajari cara menyusui bayi kembar.
  2. Produksi ASI. Sebagian ibu memiliki kekhawatiran akan masalah yang satu ini. Anda salah satunya? Cara yang bisa dilakukan agar produksi ASI meningkat adalah dengan menyusui segera setelah bayi lahir dan lakukan sesering mungkin. Semakin banyak ASI yang dikeluarkan, maka semakin banyak pula produksinya.
  3. Perhatikan asupan nutrisi. Hal ini diperlukan untuk kelancaran proses menyusui bayi kembar. Selain itu, pastikan Anda juga mengonsumsi air yang cukup.
  4. Lakukan bergantian. Artinya, berikan ASI pada setiap bayi dari kedua payudara secara bergantian. Berikan masing-masing bayi satu payudara dan tukar pada saat menyusui berikutnya, atau memberikan masing-masing bayi satu payudara lalu menukar posisi bayi keesokan harinya.

Penukaran payudara saat menyusui bayi, khususnya bayi kembar, sangat membantu meningkatkan produksi ASI jika salah satu bayi tidak menyusu terlalu banyak. Hal ini juga bisa memberikan arah pandangan yang berbeda bagi bayi untuk menstimulasi mata bayi.

Menyusui bayi kembar memang membutuhkan latihan. Namun seiring berjalannya waktu, Anda dan bayi akan dapat menemukan posisi menyusui yang cocok dan ideal. Teruslah mencoba posisi menyusui yang berbeda hingga menemukan posisi ternyaman.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar