Sukses

Cara Menjemur Bayi yang Benar

Menjemur bayi di pagi hari membawa banyak kebaikan bagi bayi. Tapi bagaimana cara melakukannya dengan benar?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang tua yang masih belum mengerti cara menjemur bayi yang benar. Padahal, jika dilakukan dengan benar, tak sedikit manfaat yang bisa didapatkan dari menjemur bayi di pagi hari.

Salah satu manfaat yang banyak didengungkan adalah dalam proses pembentukan tulang. Ya, sinar matahari pagi dapat merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh yang berguna untuk membantu pembentukan tulang. Tapi tentu saja kebaikan ini hanya bisa didapat jika dilakukan dengan benar.

Pertama-tama, Anda harus mengetahui kapan saat yang aman berada di bawah sinar matahari dan kapan saat yang tidak tepat melakukannya. Ingat, meski memiliki banyak manfaat, ada bahaya yang juga mengintai di balik sinar matahari.

Sinar matahari memiliki radiasi yang tinggi pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Bila Anda ingin menjemur bayi, sebaiknya lakukan ketika sinar matahari masih memiliki kadar ultraviolet yang pas, yakni di bawah pukul 10 pagi. Usahakan agar tidak menjemur bayi terlalu lama, yaitu antara 10–30 menit.

Selain itu ada hal lain yang juga penting untuk diperhatikan. Misalnya: orang tua dengan bayi yang memiliki riwayat kanker kulit, berkulit putih, atau memiliki bintik cokelat pada wajah.

Paparan sinar matahari juga harus dihindari bagi bayi berusia kurang dari enam bulan. Sebaiknya bayi selalu menggunakan pakaian dan topi untuk melindungi kulit.

Orang tua sebaiknya mengoleskan tabir surya (SPF 15 atau lebih) saat sinar matahari tidak bisa dihindari dan hanya diberikan pada kulit yang terpapar saja. Ulangi pemakaian tabir surya setiap dua jam atau setelah berkeringat. Namun, pemakaian tabir surya pada bayi prematur sebaiknya dibatasi. 

Ingat, manfaat sinar matahari hanya bisa didapatkan jika Anda tahu cara menjemur bayi dengan benar. Semoga kiat di atas bisa membantu dan Anda tak bingung lagi, ya.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar