Sukses

Ingin Cepat Tidur? Lakukan Cara Mudah Ini

Inilah cara paling mudah yang dapat Anda lakukan agar bisa cepat tidur di malam hari.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sulit tidur di malam hari? Jika jawabannya ya, mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebuah penelitian di Journal of Experimental Psychology mengungkapkan, menuliskan hal-hal apa saja yang ingin dilakukan untuk keesokan harinya dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan lebih cepat.

Menuliskan kekhawatiran di hari esok nyatanya terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan membantu seseorang untuk mengerjakan tugas lebih efisien. Fakta ini ditemukan setelah para psikolog di Baylor University menganalisa 57 orang yang berusia 18-30 tahun dengan memantau pola tidurnya di laboratorium.

Setengah dari peserta diminta untuk menuliskan hal-hal apa saja yang ingin dilakukan besok dan beberapa hari ke depan selama lima menit. Sementara itu, setengah lainnya diminta untuk menuliskan tugas yang telah mereka selesaikan lebih awal di hari itu dan beberapa hari sebelumnya.

Penelitian yang meneliti gerakan mata dan aktivitas gelombang otak ini menunjukkan bahwa orang-orang yang menulis daftar tugas yang harus dikerjakan esok hari dapat tertidur sembilan menit lebih cepat daripada mereka menuliskan tentang pekerjaan yang telah mereka selesaikan.

Terlebih lagi, mereka yang menulis daftar tugas lebih panjang dan lebih spesifik dapat tidur lebih cepat daripada mereka yang menulis pendek.

 “Kami berpikir bahwa ketika orang membuang semua pikiran yang mungkin sulit untuk diingat dapat memberikan kelegaan tersendiri. Tampaknya tindakan menulis itu adalah bahan utama (untuk cepat tidur),” kata Michael Scullin, satu penulis studi yang juga merupakan profesor psychology and neuroscience di Baylor University.

Menurut Scullin, tambahan waktu sembilan menit lebih cepat, sebanding dengan perbaikan yang diberikan oleh obat tidur. Meski penambahan waktu ini tidak terlalu banyak, faktanya hal ini bisa membuat perbedaan yang nyata pada kualitas tidur seseorang.

“Ini adalah hal yang cepat dan murah yang dapat Anda lakukan dengan mudah selama beberapa hari--untuk melihat apakah ada manfaatnya bagi Anda,” tambahnya.

Demikianlah trik yang dapat Anda lakukan agar dapat tidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Jika metode di atas sudah dilakukan tetapi Anda masih memiliki kesulitan untuk tidur, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar