Sukses

Benarkah Kanker Payudara Bisa Terjadi pada Wanita Muda?

Kanker payudara tak selalu menyerang wanita usia paruh baya. Hati-hati, wanita muda pun tak luput dari incarannya.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang wanita usia paruh baya. Namun, ternyata wanita usia muda pun bisa berhadapan dengan jenis kanker yang satu ini.

Hal ini dapat dibuktikan dari kasus yang menimpa artis muda Indonesia, Pevita Pearce, yang diketahui sempat didiagnosis mengidap kanker payudara beberapa tahun lalu.

Waspadai Faktor Risiko

Kasus yang terjadi pada Pevita Pearce seharusnya bisa meningkatkan kewaspadaan para wanita muda. Sebab, ketika seorang wanita sudah memiliki jaringan payudara, maka kemungkinan untuk terserang kanker payudara selalu ada.

Hal yang lebih mengkhawatirkan, kanker payudara pada wanita muda biasanya memiliki sifat yang lebih ganas dan lebih berisiko untuk kambuh hingga dapat menyebabkan kematian. Mengapa demikian?

Hal ini terkait dengan sifat biologis tumor pada wanita muda yang ternyata lebih agresif. Bahkan, semakin lama angka kejadian kasus kanker payudara pada wanita muda semakin meningkat.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali faktor risiko yang meningkatkan terjadinya kanker payudara. Beberapa di antaranya adalah:

  • Riwayat penyakit kanker payudara pada keluarga
  • Siklus menstruasi yang mulai lebih awal dan munculnya menopause belakangan. Ini menyebabkan paparan tubuh terhadap estrogen dan progesteron menjadi lebih lama
  • Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang
  • Obesitas atau berat badan berlebih
  • Aktivitas fisik yang rendah
  • Paparan radiasi pada daerah dada

Deteksi Dini dan Penanganan Segera

Kunci dari penanganan kanker secara umum dan kanker payudara secara khusus adalah deteksi dini dan penanganan segera.

Diagnosis kanker payudara pada wanita muda memang lebih sulit dilakukan dibandingkan pada wanita yang usianya lebih tua. Hal ini disebabkan karena jaringan payudara wanita muda yang berusia di bawah 40 tahun bersifat lebih padat.

Biasanya, ketika suatu benjolan dapat dirasakan pada jaringan payudara yang padat, benjolan tersebut sudah sedemikian besar dan kanker payudara sudah berada pada stadium yang tinggi.

Berikut ini kiat yang bisa Anda lakukan sebagai langkah deteksi dini:

  • Melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin dengan metode SADARI
  • Meningkatkan kewaspadaan terhadap setiap perubahan yang dirasakan, seperti benjolan atau cairan yang keluar dari puting payudara
  • Segera memeriksakan diri ke dokter bila ada keluhan pada payudara. Penundaan atau menganggap remeh bisa merugikan Anda
  • Memiliki jadwal rutin untuk pemeriksaan kesehatan payudara di layanan kesehatan. Misalnya dengan pemeriksaan mamografi atau USG payudara

Ingat, kanker payudara menyerang tanpa pandang usia. Sebagai wanita muda, Anda pun tak luput dari incarannya. Karena itu, tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan payudara.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar