Sukses

Olahraga, Lebih Baik dengan Alat atau Tidak?

Untuk mendapat manfaat yang optimal, haruskah olahraga dilakukan dengan bantuan alat-alat tertentu?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan kegiatan positif, yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar optimal, apakah olahraga harus dilakukan dengan bantuan alat, atau justru tidak?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai perbedaan antara olahraga dengan alat dan yang tidak.

Olahraga dengan alat

Olahraga dengan bantuan alat-alat tertentu meliputi latihan menggunakan barbel, dumbel, weight plates dan lainnya. Olahraga jenis ini sedikit lebih sulit, karena harus menggunakan teknik yang tepat, sehingga bila belum terbiasa, Anda perlu dibantu oleh instruktur yang berpengalaman.

Terkait manfaatnya, olahraga dengan alat lebih efektif dalam membentuk massa otot. Ini karena alat-alat yang digunakan mampu memberikan beban, yang nantinya akan terus memicu peningkatan massa otot.

Olahraga tanpa alat

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia olahraga, pasti tidak asing dengan istilah bodyweight exercise. Ini adalah serangkaian olahraga yang tidak menggunakan alat sama sekali.

Pada bodyweight exercise, ‘alat’ yang digunakan hanyalah beban tubuh semata. Tak heran, olahraga jenis ini lebih praktis dan lebih mudah disesuaikan dengan tingkat keahlian maupun kebugaran orang yang melakukannya.

Berbicara tentang manfaat, olahraga tanpa alat hanya mampu menambah kekuatan otot, namun tidak menambah massa otot. Dengan kata lain, dengan melakukan olahraga tanpa beban, otot Anda akan bertambah kuat, namun tidak bertambah besar.

Mana lebih bermanfaat?

Sebenarnya, kedua jenis olahraga di atas sama-sama memiliki fungsi untuk meningkatkan fungsi otot. Namun, jika Anda bertanya mana yang lebih efektif, maka jawabannya menyesuaikan tujuan utama Anda dalam berolahraga.

Misalnya, bila Anda ingin meningkatkan massa otot, maka latihan menggunakan alat lebih efektif. Sedangkan, bila Anda ingin meningkatkan mobilitas, stabilitas dan ketahanan otot, maka olahraga tanpa alat alias bodyweight exercise lebih efektif.

Jadi, sebelum menentukan pilihan antara olahraga dengan alat atau tanpa alat, putuskan terlebih dahulu tujuan utama Anda dalam berolahraga. Karena pada dasarnya, olahraga yang optimal adalah yang benar-benar sejalan dengan goal yang hendak Anda raih.

[NB/ RVS]

1 Komentar