Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatJantungMasih Muda Sudah Kena Asam Urat, Apa yang Salah?
Jantung

Masih Muda Sudah Kena Asam Urat, Apa yang Salah?

dr. Rio Aditya, 20 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski usia masih muda, Anda tetap berisiko mengalami asam urat. Kenali penyebabnya.

Masih Muda Sudah Kena Asam Urat, Apa yang Salah?

Kadar asam urat yang tinggi biasanya dikeluhkan oleh orang usia tua. Hal ini wajar, sebab orang usia tua tidak menjalankan diet secara teratur lantaran sibuk beraktivitas. Selain itu, kemampuan metabolisme menurun seiring bertambahnya usia.

Meski demikian, masalah asam urat juga dapat mengganggu kehidupan kaum muda. Berdasarkan data dari National Health Service (NHS) di Inggris, sejak 10 tahun terakhir, ada peningkatan jumlah pasien yang menderita asam urat tinggi secara signifikan. Sebagian besar peningkatan tersebut terjadi pada pasien usia 20-30 tahun.

Setelah ditelusuri lebih jauh, kemajuan bisnis kuliner dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor utama orang usia muda mengalami asam urat. Anda tentu bisa melihat sendiri bahwa semakin banyak tempat kuliner yang menyajikan berbagai hidangan menarik.

Sayangnya, hal ini tidak ditanggapi dengan bijaksana oleh para konsumen-konsumen muda. Dengan banyak mengonsumsi makanan berbahan utama daging, meminum alkohol, dan minim olahraga, risiko asam urat pun meningkat.

Lantas apakah masalah utama yang ditimbulkan dari asam urat tinggi? Dalam bahasa medis, asam urat yang tinggi disebut dengan hiperurisemia. Jika dibiarkan terus-menerus, asam urat dapat terakumulasi di persendian, sehingga bisa menyebabkan peradangan sendi atau arthritis gout.

Tidak hanya menyerang sendi, akumulasi asam urat bisa terjadi di ginjal. Ketika terkumpul di ginjal dan menjadi semakin padat, kondisi ini bisa menyebabkan batu ginjal.

Meski usia masih muda, Anda sudah harus mulai memperhatikan diet dan gaya hidup. Anda perlu mengonsumsi daging, kacang, sayur, buah, dan makronutrien secara seimbang. Jangan lupa untuk tetap aktif berolahraga dan selalu menerapkan gaya hidup sehat, agar terbebas dari penyakit.

[BA/ RVS]

usia mudaMasih MudaAsam Urat

Konsultasi Dokter Terkait