Sukses

Tidak Makan Daging, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

Tidak makan daging menjadi salah satu syarat bagi vegetarian. Namun apa manfaatnya bagi kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Daging memiliki sejumlah nutrisi penting seperti protein, lemak, mineral, dan vitamin. Tubuh membutuhkan semua itu supaya tetap sehat. Meski demikian, ada beberapa orang yang memilih menjadi vegetarian dan tidak makan daging, seperti yang dilakukan artis Sophia Latjuba.

Wanita ini tampak makin segar dan awet muda, di usianya yang ke-47.  Sudah belasan tahun ia menjadi vegetarian. Dalam akun Instagram-nya (@sophia_latjuba88) ia sempat menyatakan alasannya memilih gaya hidup sebagai vegan. Bisa jadi, kebiasaan inilah salah satu rahasia awet mudanya.

Pertanyaannya, apa manfaat bagi tubuh bila tidak mengonsumsi daging?

Secara umum, vegetarian dipahami sebagai pola makan yang tidak mengonsumsi daging. Namun mereka tetap bisa mendapatkan asupan protein dari sumber protein lain seperti kacang-kacangan, produk kedelai, dan biji-bijian.

Dibandingkan dengan orang yang gemar mengonsumsi daging, para vegetarian sebenarnya menjadi lebih sedikit mengonsumsi lemak jenuh serta kolesterol. Anda tentu tahu bahwa jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua hal itu dapat berbahaya bagi tubuh (khususnya pembuluh darah dan jantung).

Dengan tidak mengonsumsi daging, tubuh cenderung mengalami penurunan kadar lemak jahat (LDL), tekanan darah dan angka indeks massa tubuh. Ketiga hal ini berkaitan dengan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Di samping itu, ada beberapa risiko penyakit yang dapat dihindari dengan tidak makan daging. Apa saja penyakit tersebut?

1. Penyakit jantung

Dalam suatu penelitian yang dilakukan terhadap kelompok vegetarian dan non vegetarian ditemukan bahwa terdapat penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung pada kelompok vegetarian sebanyak 19 persen. Penelitian tersebut dilakukan di European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC), Oxford, dan melibatkan 65.999 orang.

2. Penyakit kanker

Telah banyak penelitian yang menjelaskan manfaat dari tidak makan daging dan memperbanyak asupan sayur dan buah. Salah satu manfaat tersebut yaitu dapat menurunkan risiko penyakit kanker, khususnya kanker kolon.

3. Diabetes tipe 2

Risiko kelompok vegetarian untuk menderita diabetes tipe 2 menurun hingga separuhnya, dibandingkan dengan kelompok non vegetarian.

4. Peningkatan tekanan darah

Menurut penelitian, kelompok vegetarian memiliki keterkaitan dengan penurunan tekanan darah, sehingga risiko terjadinya hipertensi dapat menurun.

5. Kematian dini

Berdasarkan penelitian, sebanyak 26 persen penyebab kematian adalah banyaknya asupan daging merah, baik itu yang sudah diproses ataupun yang belum diproses. Penelitian tersebut dilakukan kepada lebih dari 500.000 remaja berusia 16 tahun di Amerika Serikat.

Meski banyak penyakit yang muncul karena mengonsumsi daging, bukan berarti tidak makan daging menjamin kesehatan Anda. Anda tetap harus menjaga kesehatan dari sisi lain, seperti rutin berolahraga, minimal 30 menit sehari. Anda juga perlu istirahat cukup dengan tidur delapan jam sehari, serta menjaga pola makan yang seimbang dan bergizi.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar