Sukses

Penyebab Perut Mual Setelah Konsumsi Vitamin

Bukannya bikin tubuh lebih sehat, mengonsumsi vitamin justru membuat perut mual. Apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Meski mengandung banyak manfaat untuk tubuh, konsumsi vitamin pada beberapa orang dapat menyebabkan perut terasa mual. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Menurut Dr. David Poppers, seorang ahli gastroenterologi di New York University Langone Medical Center, Amerika Serikat, hal ini umumnya terjadi pada mereka yang mengonsumsi beberapa vitamin di saat yang bersamaan. Selain itu, ada juga sejumlah faktor lain yang berkontribusi menimbulkan rasa mual sesaat setelah Anda mengonsumsi vitamin.

Beberapa penyebab rasa mual tersebut di antaranya:

1. Mengonsumsi vitamin saat perut kosong

Vitamin C adalah vitamin yang lebih asam dari vitamin lainnya. Dengan kandungan asam yang tinggi, vitamin C yang dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan mual. Untuk mengurangi rasa ini, Anda dapat mengonsumsi camilan terlebih dulu. Sementara itu, vitamin A, D, E dan K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Dr. David menyarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin-vitamin tersebut bersamaan dengan makanan.

2. Terlalu banyak kandungan zat besi

Ia menyarankan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan makanan daripada menelannya saat perut kosong. “Proses penyerapan mungkin bisa berkurang tapi ini lebih baik daripada tidak diserap sama sekali,” lanjutnya.

3. Mengonsumsi vitamin bersamaan dengan obat lain

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin dapat menyebabkan efek samping bila dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Bicarakan dengan dokter Anda tentang semua obat dan vitamin yang sedang Anda konsumsi, untuk memastikan bahwa tidak ada bahaya bagi kesehatan Anda, serta tidak mengurangi kemanjuran obat dan vitamin tersebut.  

4. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin

Mengonsumsi terlalu banyak vitamin dapat membuat Anda sakit, apalagi vitamin yang dikonsumsi adalah yang larut dalam lemak. Ini dikarenakan tubuh tidak mengeluarkan kelebihan ekskresi pada urine seperti halnya vitamin yang larut dalam air.

Mual dan diare adalah gejala toksisitas vitamin A, D dan E. Untuk mencegahnya, jangan mengonsumsi lebih dari asupan harian yang disarankan. Asupan vitamin A yang disarankan adalah 700 mikrogram untuk wanita dan 900 mikrogram untuk pria. Untuk asupan vitamin D, cukup 15 mikrogram setiap hari, sedangkan untuk vitamin E adalah 15 miligram.  

Untuk pemenuhan nutrisi tubuh, vitamin dalam bentuk suplemen bisa menjadi alternatif. Namun, mengonsumsinya bisa menjadi sangat kompleks tergantung pada kondisi tubuh Anda. Sumber nutrisi yang paling baik adalah nutrisi yang didapatkan dari sumbernya secara langsung, yaitu lewat makanan.

Vitamin harus membuat Anda lebih sehat, bukan malah membuat perut Anda mual atau justru menjadi sakit. Konsultasikan dengan dokter apakah Anda memiliki defisiensi vitamin tertentu. Lalu tanyakan vitamin apa saja yang tepat untuk Anda konsumsi, kuantitasnya, serta apakah ada efek samping tertentu jika digabungkan dengan pengobatan lain yang tengah Anda jalani.   

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar