Sukses

Menyusui Turunkan Risiko Diabetes pada Ibu

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko diabetes pada ibu.

Klikdokter.com, Jakarta Ternyata, menyusui bayi adalah salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mencegah diabetes. Kesimpulan ini didapat dari penelitian terbaru yang diterbitkan di Journal of American Medical Association (JAMA).

Penelitian menemukan bahwa menyusui bayi selama enam bulan atau lebih dapat mengurangi risiko diabetes pada ibu. “Kami menemukan hubungan yang sangat kuat antara durasi menyusui dan risiko diabetes yang lebih rendah,” kata penulis studi Erica Gunderson.

Didapati bahwa wanita yang menyusui memiliki penurunan risiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar 47% lebih tinggi, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui sama sekali. Sementara itu, bagi wanita yang menyusui kurang dari enam bulan terjadi penurunan risiko diabetes sebesar 25%.

Aktivitas menyusui, menurut periset, mampu mengendalikan kadar insulin dalam darah. Wanita yang menyusui memiliki sirkulasi glukosa yang rendah dan dapat membantu menjaga fungsi sel yang menghasilkan insulin.

Walaupun menyusui adalah hal yang dianjurkan, tetapi tidak semua ibu dapat memberikan ASI pada bayinya. Menyusui juga dapat dipandang sebagai suatu pilihan yang bergantung pada keputusan ibu bayi.

Sementara, jika Anda tidak sedang menyusui tapi ingin menurunkan risiko diabetes, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Oxford, Inggris, mencoba mempelajari adanya kaitan antara konsumsi buah secara rutin dan angka kejadian diabetes.

Penelitian ini mempelajari sekitar 500,000 individu selama 7 tahun pada populasi Tionghoa, serta mendata terjadinya diabetes atau komplikasi pembuluh darah dalam kurun waktu tersebut.

Hasilnya, seseorang yang makan buah-buahan secara teratur memiliki penurunan risiko diabetes sebesar 0,2 persen. Namun, karena penelitian ini merupakan penelitian observasional, terdapat keterbatasan dalam menentukan hubungan sebab-akibat.

Meskipun mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut, setidaknya hal ini bisa menjadi kabar gembira. Ternyata menyusui tidak hanya berguna untuk si Kecil yang memerlukan nutrisi, tetapi juga bermanfaat bagi ibu.  Karena aktivitas ini dapat menjadi salah satu langkah untuk mencegah diabetes pada ibu. Namun hal itu juga masih perlu diikuti dengan menjalankan pola hidup sehat dan melakukan olahraga secara rutin. Semoga berguna!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar