Kesehatan Umum

Kombinasi Dahsyat Minum Kopi dan Tidur Siang

Ruri Nurulia, 19 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menurut penelitian, kombinasi minum kopi dan tidur siang dapat lebih efektif meningkatkan energi!

Kombinasi Dahsyat Minum Kopi dan Tidur Siang

Minum kopi dan tidur siang biasanya tidak berjalan beriringan. Dalam artian, ketika mengonsumsi kopi, seseorang berharap dapat tetap terjaga sekaligus tetap produktif. Namun, ternyata mengombinasikan keduanya - atau juga dikenal sebagai coffee nap - justru dapat meningkatkan energi makin efektif.

Menurut Cynthia Sass, MPH, RD, ahli nutrisi, pelatih pribadi, dan pendidik kesehatan asal Amerika Serikat, kafein pada kopi biasanya baru dapat dirasakan 20-30 menit setelah diminum. Karena itu, tidur siang pada waktu menunggu tersebut sangatlah mungkin.

“Tidur sejenak sambil menunggu efek kopi bekerja dapat memberikan ‘pukulan’ energi, seperti halnya yang telah diketahui bahwa tidur siang dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan seseorang,” jelas Cynthia seperti dilansir di laman Health.

Kombinasi efektif kafein dan tidur siang

Sebetulnya sudah ada penelitian terkait konsep coffee nap ini. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychophysiology tahun 1997, menemukan fakta bahwa orang dewasa  yang mengantuk, yang mengombinasikan 200 mg kafein (dua kali lipat dari 8 ons kopi seduh) lalu dilanjutkan dengan tidur siang, performanya lebih baik saat melakukan tes mengemudi dibandingkan mereka yang hanya minum kopi atau plasebo.

Ada lagi penelitian yang dipublikasikan di jurnal Clinical Neurophysiology tahun 2003 lalu, yang mengelompokkan 10 orang dewasa (18-35 tahun) ke dalam 5 grup. Setiap grup diberti intervensi berbeda ketika mereka tengah bekerja dengan komputernya. Satu grup tidur siang selama 20 menit, grup lainnya mengonsumsi 200 mg kafein lalu tidur siang, ada yang tidur siang lalu membasuh wajah, lalu ada pula yang ketika bangun dari tidur siang langsung berhadapan dengan sinar yang menyilaukan, dan grup terakhir mereka hanya beristirahat. Hasilnya, yang paling efektif untuk membangkitkan energi adalah grup yang mengombinasikan kafein dan tidur siang.

Hasil dari dua penelitian tersebut juga dibenarkan oleh dr. Dewi Erna Anindia, bahwa mengonsumsi secangkir kopi dan setelah itu langsung tidur siang paling tidak 20 menit, dapat membuat efek dari kafein akan langsung muncul setelah terbangun. Anda pun akan merasa segar selama berjam-jam.

Siapa yang tidak boleh melakukan coffee nap?

Jika Anda tengah menjalani hari yang super sibuk dan ingin tetap merasa segar dan produktif, kombinasi antara kopi dan tidur siang ini perlu Anda coba, dengan catatan bahwa Anda memang penikmat kopi dan punya waktu luang untuk tidur siang. Tidur sejenak setelah minum kopi juga mungkin dapat mencegah Anda menimbun kafein berlebih, yang nantinya dapat menyulitkan Anda untuk tertidur pada malam hari.

Dengan efek yang menjanjikan ini, sayangnya tak semua orang dapat menikmati coffee nap. Jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar (IBS) atau memiliki perut sensitif, lebih baik Anda mengganti kopi dengan teh hijau, atau jangan mengonsumsi kafein sama sekali. Kopi dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan, yang justru dapat merusak tujuan Anda untuk meningkatkan energi dari tidur siang.

Lebih jauh lagi, jika Anda sensitif terhadap stimulan, mengombinasikan kopi dengan tidur siang bukan untuk Anda. Mengonsumsi kafein dapat membuat Anda merasa gelisah, gugup, atau jantung berdegup kencang.

Jika Anda ingin mencoba coffee nap, hindari melakukannya 6 jam sebelum waktu tidur normal Anda, sehingga tidak akan mengganggu kualitas tidur Anda pada malam hari. Dan ingat, yang Anda butuhkan untuk coffee nap ini adalah hanya secangkir kopi, dan 15-30 menit durasi tidur, bukan 2 jam. Supaya tidak ketiduran, atur alarm pada ponsel Anda sebelum terlelap. Karena terlalu lama tidur siang justru malah akan mengganggu aktivitas dan produktivitas Anda di kantor.

[RVS]

tidur siangMinum KopitidurkopiManfaat Tidur Siang

Konsultasi Dokter Terkait