Sukses

Hati-hati, Ancaman Bakteri dari Mesin Pengering Tangan

Mesin pengering tangan yang digunakan setelah cuci tangan, ternyata bisa menjadi sarang bakteri penyebab penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian restoran dan toilet umum di mal atau gedung perkantoran, di kota besar, memilih untuk memasang mesin pengering tangan dibanding harus mengeluarkan kocek lebih untuk menyediakan tisu. Sayangnya, mesin dan area pengering tersebut dapat menjadi sarang bakteri dan menjadi sumber penyakit.

Seperti dilansir dari Telegraph UK, para ilmuwan dari University of Leeds di Inggris telah menemukan fakta bahwa mesin udara bertenaga tinggi tersebut dapat menyebarkan bakteri.

Hasil penelitian yang mereka lakukan memperlihatkan bahwa jumlah kuman di udara yang berada di sekitar mesin pengering tangan berjumlah 27 kali lebih banyak daripada di sekitar handuk kertas atau tisu. Hal ini terjadi karena saat mengeringkan tangan, bakteri di tangan Anda akan terhempas ke udara.

Bakteri tersebut akan bertahan selama 15 menit dan dapat dengan mudah mengenai pengguna atau orang terdekat yang berjarak satu atau dua meter.

Menurut Profesor Wilcox, kepala penelitian tersebut, saat mengeringkan tangan Anda akan menyebarkan bakteri tanpa menyadarinya. “Mesin pengering tangan berpotensi menularkan penyakit dari satu tangan ke tangan lainnya,”ucapnya.

Melihat kebiasaan penggunaan mesin pengering tangan tersebut, dr. Kartika Mayasari dari Klikdokter berpendapat, “Mengeringkan tangan dengan apapun sebenarnya bisa mengakibatkan seseorang berisiko terkena bakteri. Karena tisu yang disediakan restoran juga belum tentu bersih,” ucapnya.

Agar lebih aman, saat makan di restoran, dr. Kartika berpesan agar Anda membawa sendiri tisu untuk pengering tangan atau hand sanitizer. “Jangan lupa segera menutup hand sanitizer usai digunakan, karena bakteri bisa masuk dan membuat cairan terkontaminasi,” ujar dr. Kartika.

Selain itu, saat makan di luar, usahakan untuk segera mengonsumsi makanan yang dibeli. “Tutup segera makanan saat tidak dikonsumsi dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga pola makan sehat,” tambahnya.

Jadi, jika tidak terpaksa, gunakanlah kertas tisu yang Anda bawa sendiri daripada menggunakan mesin pengering tangan. Lakukan pula apa yang disarankan di atas, agar Anda dan keluarga terbebas dari infeksi bakteri.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar