Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakOrang Tua Bisa Menjadi Penyebab Depresi pada Anak
Kesehatan Anak

Orang Tua Bisa Menjadi Penyebab Depresi pada Anak

dr. Reza Fahlevi, 19 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan lupa, bahwa depresi pada anak juga dapat disebabkan oleh orang tua.

Orang Tua Bisa Menjadi Penyebab Depresi pada Anak

Anak sering sedih, malas beraktivitas, suka mengurung diri di kamar, malas makan, sulit tidur, dan seperti kehilangan energi? Jika ya, bisa jadi anak Anda sedang terserang depresi.  

Depresi pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti masalah medis, masalah neuropsikiatri, faktor lingkungan, serta konsumsi narkoba dan alkohol. Akan tetapi, jangan lupa bahwa depresi pada anak juga dapat disebabkan oleh orang tua. Mengapa demikian?

Berikut ini tiga faktor penyebab depresi pada anak yang dapat dicetuskan oleh orang tua:

1. Faktor genetik

Depresi ternyata juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orang tua mengalami depresi, maka kemungkinan anak mengalami depresi menjadi lebih tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika salah satu dari orang tua mengalami depresi, anak akan memiliki kemungkinan 40 persen mengalami depresi. Semakin berat gejala depresi pada orang tua dan semakin muda usia orang tua saat mengalami depresi, kemungkinan anak mengalami depresi juga akan semakin besar.

2. Masalah rumah tangga

Masalah rumah tangga seperti pertengkaran dan perceraian ternyata juga dapat menyebabkan anak mengalami depresi. Karena itu, Anda dan pasangan sebaiknya tidak bertengkar di depan anak, dan menghindari konflik dalam keluarga. Masalah keluarga juga dapat menyebabkan perhatian orang tua kepada anak berkurang, sehingga anak lebih mudah mengalami depresi.

3. Masalah pola asuh

Pola asuh yang salah juga dapat memicu depresi pada anak. Pola asuh yang terlalu keras (otoriter), pola asuh yang mengacuhkan (neglected), atau tipe orang tua yang terlalu protektif juga dapat menyebabkan anak mengalami depresi. Untuk itu, perhatikanlah pola asuh yang tepat untuk anak Anda.

Kini sudah jelas bahwa depresi pada anak juga dapat disebabkan oleh orang tua. Karena itu, bila anak tampak mengalami depresi, cobalah berkaca pada diri sendiri dan bertanya, apakah penyebab anak mengalami depresi adalah Anda? Setelah menemukan penyebabnya, Anda dapat membantu anak mengatasi depresi.

[BA/ RVS]

Orang TuaAnakDepresi

Konsultasi Dokter Terkait