Sukses

Aktor Film Laga Advent Bangun, Dirawat karena Gagal Ginjal

Aktor senior Indonesia, Advent Bangun, kini tengah dirawat karena menderita penyakit gagal ginjal.

Klikdokter.com, Jakarta Advent Bangun, aktor Indonesia yang kerap berperan dalam film-film laga pada tahun 1980-an, sedang terbaring di rumah sakit. Pria dengan nama lengkap Thomas Advent Perangin-angin Bangun itu dikabarkan mengalami gagal ginjal.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, menurut Lois Riani Amalia Sinulingga, istrinya, Advent Bangun sudah menjalani cuci darah dua kali seminggu sejak April 2017. Lois menduga bahwa penyebab suaminya menderita gagal ginjal karena gemar mengonsumsi minuman bersoda.

Berdasarkan sebuah penelitian, minuman bersoda yang mengandung gula cukup tinggi berkontribusi terhadap penyakit diabetes. The Nurses’ Health Study berusaha mengeksplor hubungan ini dengan meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun.

Laporan ini mengungkapkan, mereka yang dalam sehari mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda yang banyak mengandung gula lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 sebanyak dua kali, dibanding mereka yang jarang minum minuman bersoda.

Diabetes dapat menyebabkan pembuluh darah kecil dalam tubuh terluka. Ketika pembuluh darah di ginjal terluka, ginjal tidak dapat membersihkan darah dengan benar. Tubuh akan mempertahankan lebih banyak air dan garam dari yang seharusnya.

Hal ini juga dapat mengakibatkan kenaikan berat badan serta bengkak pada pergelangan kaki. Pada akhirnya, limbah hasil metabolisme akan menumpuk di dalam darah Anda. Ketika ginjal tidak mampu bekerja dengan baik, itulah kondisi yang disebut gagal ginjal.

Berkurangnya urine saat buang air kecil juga merupakan salah satu gejala gagal ginjal. Di samping itu, Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, tanda dan gejala gagal ginjal lainnya yaitu muncul perasaan mengantuk, napas pendek, lelah, perasaan bingung, mual, kejang atau koma pada kasus yang parah, dan nyeri atau perasaan tertekan pada dada.

Berkaca dari kasus gagal ginjal yang dialami Advent Bangun, menjaga kesehatan ginjal adalah sesuatu yang sangat penting. Agar kondisi ginjal tetap optimal, minumlah cukup air untuk mencegah dehidrasi. Hindari pula konsumsi minuman beralkohol dan penggunaan obat-obatan yang bisa bersifat toksik terhadap ginjal.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar