Sukses

Cukup Tidur, tapi Masih Lelah? Kenali Penyebabnya

Ini alasannya kenapa Anda masih merasa lelah, padahal sudah cukup tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang pernah merasa kurang segar ketika terbangun, meski sudah tidur selama delapan jam. Akibatnya mereka menjadi lelah dan tidak fokus sepanjang hari. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari NetDoctor, Dr. Carmel Harrington mengatakan bahwa kebanyakan orang terlalu fokus pada seberapa banyak waktu tidur yang didapat. Padahal, jika ingin bangun lebih segar pada pagi hari, Anda harus memastikan untuk memiliki waktu bangun pagi yang konsisten.

Karena itu, sangat penting untuk mengatur ulang jam biologis dan ritme sirkadian dengan waktu yang sama setiap pagi. Menurut Harrington, apabila hal ini tidak dilakukan, maka akan membawa dampak negatif pada kualitas tidur Anda. Bahkan juga dapat memengaruhi rasa lapar, movitasi, serta efisiensi Anda sepanjang hari.

Konsistensi bangun pagi di waktu yang sama adalah kunci. Pada beberapa kasus, waktu tidur malam hari untuk setiap orang mungkin mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Tetapi satu hal yang tidak boleh diubah adalah waktu bangun pagi Anda. “Jika memang sulit untuk terbangun di waktu yang sama setiap pagi, usahakan tidak lebih dari satu jam dari waktu biasa Anda bangun,” kata Harrington. 

Anda sering mengalami kesulitan tidur? Jika ya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain faktor psikologis, aspek lingkungan juga dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Untuk itu, ciptakanlah suasana kamar yang bersih dan sejuk agar menimbulkan rasa nyaman sehingga memudahkan Anda untuk tidur.

Singkirkan komputer, televisi, dan gawai sebelum tidur. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, berkutat dengan gawai sebelum tidur malah dapat menurunkan kualitas tidur. Hal ini disebabkan oleh blue light dari LED yang dipancarkan oleh gawai. “Blue light akan mengurangi produksi melatonin dalam tubuh. Akibatnya, proses tidur akan memakan waktu yang lebih lama,” jelas Astrid.

Selain itu, jika tak ingin bangun tidur dalam keadaan lelah, jauhi kafein, alkohol, nikotin antara 4–6 jam sebelum tidur.

Kurang tidur memang bisa membuat badan lemas. Namun jika Anda sudah cukup tidur tapi masih merasa lelah, coba jalankan kiat-kiat di atas. Tetapi jika rasa lelah yang Anda rasakan masih berlanjut, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar