Sukses

4 Sebab Kematian Mendadak, Seperti Dialami Dolores O'Riordan

Kenali sebab kematian mendadak seperti yang dialami vokalis grup The Cranberries, Dolores O’Riordan

Klikdokter.com, Jakarta Senin (15/1/2018), publik dikejutkan dengan meninggalnya vokalis dari grup musik asal Irlandia, The Cranberries, yaitu Dolores O’Riordan. Penyanyi berusia 46 tahun ini menghembuskan napas terakhir di sebuah hotel di London. Hingga saat ini, penyebab kematian mendadak yang dialami Dolores belum diketahui.

Secara medis, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kematian mendadak di usia muda. Di antaranya adalah:

  • Serangan jantung

Penyakit jantung memang merupakan ‘biang keladi’ kematian mendadak. Di antara semua jenis penyakit jantung, serangan jantung merupakan penyebab utama kematian mendadak pada usia muda. Orang yang berisiko tinggi mengalaminya adalah orang yang memiliki hipertensi, diabetes, kegemukan, kolesterol tinggi, dan merokok.

  • Aritmia

Aritmia merupakan kondisi jantung yang berdetak secara tidak teratur. Pada orang usia muda, aritmia biasanya disebabkan karena kelainan bawaan seperti penyakit kardiomiopati hipertrofik dan sindrom Brugada. Kondisi aritmia yang hilang timbul dapat menyebabkan jantung berhenti mendadak sewaktu-waktu. Penyakit ini seringkali tidak menimbulkan gejala apapun sebelumnya.

  • Perdarahan otak

Perdarahan otak yang luas bisa menyebabkan kematian mendadak. Pada orang tua, perdarahan otak ini sering disebabkan karena stroke. Sedangkan pada orang muda, perdarahan otak umumnya terjadi karena pecahnya aneurisma (pelebaran pembuluh darah) di otak. Tak semua orang memiliki aneurisma di otak. Diperkirakan hanya 2 dari 100 orang dewasa di dunia yang memiliki aneurisma otak. Kondisi ini umumnya bergejala, atau hanya menimbulkan sakit kepala hilang timbul saja.

  • Emboli paru

Emboli paru merupakan penyakit yang ditandai dengan tersumbatnya pembuluh darah paru secara tiba-tiba sehingga menyebabkan oksigen tidak dapat masuk ke paru dan seluruh peradaran darah di tubuh. Kondisi emboli paru disebabkan oleh orang yang mengalami gangguan pengentalan darah, orang yang berbaring atau duduk dalam kondisi yang sangat lama (misalnya bepergian selama lebih dari 6 jam dengan pesawat), atau orang yang mengalami gangguan pembuluh darah (misalnya peradangan pembuluh darah karena penyakit autoimun)

Yang perlu Anda ketahui, tidak semua penyebab kematian mendadak seperti yang dialami Dolores O’Riordan bisa diketahui dan dicegah. Namun bila ada anggota keluarga yang mengalami kematian mendadak, maka sebaiknya Anda melakukan medical check up menyeluruh secara berkala agar bisa mendeteksi dini penyakit yang belum diketahui sebelumnya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar