Kesehatan Umum

Vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan, Meninggal di Usia 46

Rieke Saras, 16 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dolores O’Riordan, vokalis grup The Cranberries, meninggal dunia. Namun, penyebab kematiannya masih belum diketahui.

Vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan, Meninggal di Usia 46

Dolores O’Riordan, vokalis grup rock Irlandia The Cranberries, meninggal dunia pada Senin (15/1/2018) di London, seperti dikutip dari The New York Times. Usianya 46 tahun.

Berita ini sudah dikonfirmasi oleh publisisnya, tetapi penyebab kematiannya sendiri belum diumumkan. O’Riordan, yang membatalkan tur reuni The Cranberries pada 2017 karena masalah punggung, tengah berada di London untuk sesi rekaman sebelum kematiannya.

Pernyataan yang diberikan oleh publisisnya juga menyiratkan bahwa kematian itu datang tiba tiba: “Perasaan keluarga hancur mendengar berita tersebut dan meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini.”

Pihak kepolisian Metropolitan mengatakan bahwa polisi dipanggil ke sebuah hotel di Park Lane pada pukul 09:05 waktu setempat, di mana "seorang wanita berusia pertengahan 40-an" dinyatakan meninggal di sana. Namun, penyebab kematiannya hingga saat ini belum terjelaskan dan masih diinvestigasi.

Rekan bandnya di The Cranberries—Noel Hogan, Fergal Lawler, dan Mike Hogan—memberikan penghormatan kepada sang vokalis di media sosial.

"Dia memiliki bakat yang luar biasa dan kami merasa sangat terhormat menjadi bagian dari hidupnya sejak 1989,” tulis mereka melalui akun Twitter @The_Cranberries.

O’Riordan menulis lirik dan musik untuk beberapa lagu The Cranberries yang populer tahun 1990-an, seperti “Linger” dan “Dreams”. Ia juga menggubah “Zombie”, yang merupakan respons atas teror yang dilakukan Irish Republican Army.

Aksen Irlandia yang dimilikinya serta warna Celtic pada melodi yang diciptakannya membuat lantunan suaranya makin unik dan penuh dinamika.

Kembali pada penyebab kematian mendadak O’Riordan. Dilansir dari The Conversation, Christian van der Werf, Research Fellow, Academic Medical Center, University of Amsterdam mengatakan bahwa sebagian besar kasus kematian mendadak pada individu muda disebabkan oleh penyakit jantung.

Sementara pada individu di atas usia 35, penyebab paling vital dari kematian jantung mendadak adalah serangan jantung (myocardial infarction), yang dipicu oleh bekuan darah yang menghalangi darah dan oksigen mengalir ke bagian jantung. Hal ini pada akhirnya dapat mengakibatkan aritmia jantung yang berpotensi fatal.

Dunia telah kehilangan satu seniman geniusnya, Dolores O’Riordan. Namun, karyanya yang memukau dalam the Cranberries akan selalu menjadi bagian dalam diri setiap penikmat maupun pencinta musik.

[RVS]

Dolores O'RiordanKematian mendadakDolores O'Riordan Meninggal DuniaVokalis The Cranberries

Konsultasi Dokter Terkait