Sukses

Hindari 5 Makanan Ini Setelah Olahraga

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari setelah olahraga. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Usai olahraga, kebanyakan orang akan cenderung lebih lapar dari biasanya. Pada akhirnya, makanan apa pun yang ada di depannya pasti akan disantap. Namun, kebiasaan ini sepertinya harus Anda hindari karena dapat “menghilangkan” manfaat dari olahraga yang telah dilakukan.

Berikut ini adalah sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

  • Sayur mentah

Mungkin untuk sebagian orang, agak mengejutkan bahwa sayuran mentah masuk dalam makanan yang tidak boleh dikonsumsi usai berolahraga. Wortel, paprika, dan brokoli mungkin baik sebagai makanan sehat, tetapi sebagai makanan pengganti usai berolahraga sepertinya bukan pilihan yang tepat. Sayuran mentah tidak mengandung kalori yang cukup besar untuk memulihkan energi Anda.

  • Makanan cepat saji

Kentang goreng, hamburger, dan nachos adalah makanan-makanan yang dapat membuat selera makan bertambah, tetapi juga dapat menghilangkan manfaat olahraga yang Anda lakukan. Semua lemak pada makanan cepat saji ini memperlambat pencernaan, sesuatu yang tentunya tak Anda harapkan terjadi setelah berolahraga.

  • Soda, jus buah kemasan, dan kopi

Setelah berolahraga, hindarilah mengonsumsi minuman-minuman manis dalam kemasan. Minuman ini biasanya tinggi gula sehingga justru kontraproduktif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, karena memperlambat proses metabolisme. Selain itu, minum kopi akan mempersulit kondisi pemulihan cairan tubuh.

  • Cokelat susu

Cokelat susu menawarkan gula dan kalori yang tinggi, sesuatu yang tidak dibutuhkan tubuh usai berolahraga. Jika memang ingin cokelat, pilihlah dark chocolate (setidaknya 70% kakao) karena memiliki antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan peradangan. Walau diperbolehkan, pastikan Anda tetap mengonsumsinya dalam jumlah wajar.

  • Daging merah

Menurut seorang ahli kesehatan, lemak jenuh pada daging tidak hanya memperlambat fungsi metabolisme, tetapi juga dapat mengganggu daya ingat dalam waktu 10 menit setelah Anda makan. Hal ini sangat disayangkan karena menurut sebuah studi, olahraga selama 20 menit dapat memperlancar pemrosesan dan ingatan seseorang.

Menurut International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism tahun 2010, tubuh membutuhkan energi dari karbohidrat dan sedikit protein setelah berolahraga. Namun, pilihlah sumber karbohidrat dan protein yang sehat, seperti buah-buahan, roti gandum dengan selai kacang, kacang almon, dan sebagainya. Makanan-makanan ini akan mengisi kembali energi Anda yang terbuang saat berolahraga.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar