HomeInfo SehatBerita KesehatanLantai Balkon Tower II BEI Ambruk
Berita Kesehatan

Lantai Balkon Tower II BEI Ambruk

Gerardus Septian Kalis, 15 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Musibah lantai balkon Tower II BEI ambruk akibatkan sejumlah orang mengalami luka-luka dan patah tulang. Ini yang perlu dilakukan.

Lantai Balkon Tower II BEI Ambruk

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) ambruk pada Senin (15/1/2018) siang.  Diduga puluhan orang menjadi korban. Lewat video yang beredar puluhan orang panik dan berusaha keluar dari gedung.

Penyebab pasti ambruknya balkon lantai 1 Gedung BEI tersebut masih belum diketahui pasti, dan masih dalam penyelidikan

Seperti dikutip dari Liputan6.com musibah tersebut mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Sebagian di antaranya mengalami luka dan patah tulang.

Dalam kondisi darurat, apa yang harus dilakukan saat Anda menemukan korban yang patah tulang?

Saat menemukan korban patah tulang, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, hal pertama yang perlu diperhatikan yakni pastikan kondisi vital korban. Segera panggil bantuan dan hentikan perdarahan jika ada. Hindari memijat atau berusaha meluruskan tulang yang patah jika Anda bukan tenaga profesional.

“Tulang dikatakan patah atau fraktur ketika kondisi terputusnya keutuhan susunan tulang menjadi beberapa bagian. Pada kebanyakan kasus, kerusakan tulang yang berada di bawah kulit disebut fraktur tertutup, namun terkadang potongan tulang bisa menusuk melalui kulit menjadi fraktur terbuka,” kata dr. Astrid.

Penanganan korban patah tulang

Meskipun kondisi patah tulang umumnya tidak mengancam keselamatan nyawa korban, namun patah tulang tetap membutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin.

Berikut ini beberapa hal penting yang disarankan dr.Astrid untuk diperhatikan saat menangani kondisi patah tulang:

• Korban patah tulang tidak responsif, tidak bernafas atau bergerak. Segera lakukan resusitasi jantung paru (RJP) jika tidak ada pernapasan atau detak jantung.

• Ada pendarahan yang hebat pada bagian tubuh yang mengalami patah.

• Sentuhan yang sangat ringan sekalipun dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian yang patah.

• Tulang yang patah menusuk hingga terlihat di luar kulit (patah tulang terbuka).

• Bagian ekstremitas lengan atau kaki yang terluka, seperti jari kaki atau jari tangan, mati rasa atau kebiruan pada ujungnya.

• Patah tulang terjadi di bagian leher, kepala atau punggung. Untuk menghindari cedera yang lebih parah, sebaiknya korban patah tulang tidak dipindahkan, sampai pertolongan medis tiba di tempat.

Selain itu, jika terjadi pendarahan, usahakan untuk menghentikan pendarahan tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menutupi luka dengan perban steril, kain bersih atau pakaian bersih.

Pastikan korban dapat bernapas dengan baik. Jika korban mengalami syok dan terlihat tersengal, baringkan korban dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh. Angkat kaki ke posisi yang lebih tinggi dari tubuh jika memungkinkan.

Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab robohnya balkon di lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI). Kondisi tersebut sedang dalam penyelidikan pihak berwajib.

[RVS]

BEIbalkon tower II BEI AmbrukPatah Tulang

Konsultasi Dokter Terkait