Sukses

Cara Asyik Menikmati Gula Tanpa Takut Gemuk

Anda suka makanan manis tapi taku gemuk? Ikuti langkah-langkah berikut ini agar Anda dapat menikmati gula dengan aman.g

Klikdokter.com, Jakarta Konsumsi gula yang berlebih, selain dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti diabetes, ternyata juga dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin banyak tubuh Anda menginginkan gula.

Lantas, bagaimana cara agar Anda dapat menikmati gula tanpa takut menjadi gemuk? Berikut ini adalah beberapa tips mengonsumsi gula dengan aman. 

  • Gunakan piring yang lebih kecil

Saat Anda ingin mengonsumsi makanan yang manis, gunakan piring kecil untuk mengecoh pikiran Anda. Dengan begitu, Anda akan otomatis mendapatkan porsi yang lebih sedikit. Menggunakan piring yang lebih kecil, juga membuat Anda makan dengan perlahan dan membuat tubuh mengirimkan sinyal kenyang lebih awal.

Sama halnya seperti makanan lain, gula berpotensi menjadi racun sekaligus ‘obat’ bagi tubuh Anda. Untuk memperoleh manfaat positif dari gula, atur seberapa banyak Anda mengonsumsinya dalam jangka waktu tertentu.

Jumlah gula yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sekitar 6 sendok teh dalam sehari (meliputi kandungan gula yang dikonsumsi melalui makanan maupun minuman).

  • Olahraga intensitas tinggi

Gula dalam dosis yang besar sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika suatu saat Anda berlebihan dalam mengonsumsi gula, Anda bisa membakar kalorinya dengan High Intensity Interval Training (HIIT).

Mencapai detak jantung lebih cepat melalui serangkaian latihan intensif mampu membakar lebih banyak gula dan meningkatkan penurunan berat badan. HIIT adalah suatu aktivitas di mana Anda mengeluarkan energi secara habis-habisan dengan cepat dan intens.

  • Konsumsi permen

Untuk menekan nafsu makan yang berlebihan, tak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi permen. Katakanlah pada diri sendiri bahwa satu permen setiap hari adalah batas maksimal yang boleh Anda konsumsi. Dengan begitu, Anda akan membiasakan otak untuk mengonsumsi satu permen setiap hari.

  • Konsumsi gula bersamaan dengan lemak dan protein

Jika Anda ingin tetap mengonsumsi gula dengan efek negatif yang lebih kecil, Anda bisa menambahkan lemak, protein dan serat dalam menu harian Anda. Penggabungan lemak, protein dan serat dapat menghasilkan makanan yang bernilai gizi tinggi. Dalam hal ini, gula akan bermanfaat sebagai bahan bakar untuk mengolah nutrisi dari lemak dan protein.

Meskipun gula dapat membuat Anda gemuk dan terkena diabetes, gula juga merupakan salah satu faktor penting yang mendukung keberlangsungan kehidupan manusia. Tanpa gula, organ di dalam tubuh – terutama otak – tidak akan dapat bekerja secara normal sesuai fungsinya. Jadi, jangan takut makan gula, ya! Asal Anda tahu batasannya, dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan, gula tak masalah untuk dikonsumsi.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar