Sukses

Yuk, Cek Kesehatan Diri Lewat Kulit

Kalau mata adalah jendela hati, maka kulit adalah cerminan dari kesehatan tubuh Anda. Kesehatan Anda dapat terlihat dari kondisi kulit, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia. Kulit mungkin terlihat superfisial, tetapi kulit ternyata dapat menggambarkan kesehatan tubuh Anda.

Masalah seputar kulit bukanlah sekadar masalah kecantikan semata. Oleh karena itu, sekecil apapun permasalahan yang terjadi pada kulit Anda, jangan sampai diabaikan. Yuk, mulai rajin cek kesehatan lewat kulit!

  • Bercak merah di pipi dan hidung

Bercak merah berbentuk seperti kupu-kupu yang meliputi kedua pipi dan hidung Anda tidak boleh disepelekan. Jika Anda memiliki bercak tersebut, ada kemungkinan Anda mengidap penyakit lupus. Lupus adalah penyakit autoimun yang menyerang berbagai organ, mulai dari bagian tubuh luar seperti kulit, hingga organ dalam dan darah.

  • Bercak hitam di ketiak atau tengkuk

Orang yang kelebihan berat badan umumnya memiliki bercak coklat kehitaman (akantosis nigrikans) di berbagai lipatan tubuh karena gesekan. Meski banyak dijumpai, tetapi ada pula bercak hitam yang tidak boleh dianggap remeh. Bercak kehitaman yang muncul di lipatan ketiak atau tengkuk, bisa jadi merupakan pertanda penyakit diabetes melitus.

  • Bercak keunguan di pergelangan tangan

Bercak berwarna ungu yang menonjol dan terasa sangat gatal umumnya adalah lichen planus, yaitu ruam kulit yang gatal dan bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh penderita. Lichen planus dapat merupakan pertanda adanya gangguan hati, contohnya hepatitis C.

  • Kulit Kering

Jenis kulit bermacam-macam, termasuk kulit kering. Jika kondisi kulit Anda sangat kering, ada beberapa hal yang mungkin terjadi. Di antaranya adalah Anda memiliki bakat alergi, hipotiroid, atau diabetes.

  • Memiliki banyak rambut tubuh

Jumlah rambut tubuh yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Ada yang sedikit, ada pula yang banyak. Wanita yang memiliki rambut tubuh lebih banyak dari wanita pada umumnya bisa jadi memiliki penyakit sindrom ovarium polikistik, yaitu suatu penyakit kista ovarium yang menyebabkan infertilitas.

  • Rambut rontok

Rambut rontok merupakan masalah yang umum dialami oleh wanita. Namun jika jumlah rambut yang rontok berlebihan dan terjadi terus-menerus meskipun Anda sudah mencoba berbagai macam sampo dan pengobatan, coba cek fungsi tiroid Anda. Bisa jadi Anda menderita hipotiroid.

Gangguan yang terjadi pada kulit memang bisa meresahkan dan dapat merusak penampilan. Namun, lebih dari itu, ternyata kondisi kulit juga dapat mencerminkan segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh. Tak ada salahnya untuk waspada dan cek kesehatan ke dokter jika ditemukan gangguan-gangguan pada kulit yang disebutkan di atas.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar