Diabetes

Ini Akibatnya Jika Anda Minum Soda Setiap Hari

dr. Nadia Octavia, 14 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kebiasaan minum soda setiap hari dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Ini Akibatnya Jika Anda Minum Soda Setiap Hari

Minum soda memang sangat cocok untuk dilakukan saat cuaca sedang terik, atau sambil makan camilan. Tak heran, banyak orang yang tidak bisa lepas dari minuman jenis ini. Anda salah satunya?

Jika ya, Anda harus berhati-hati. Ini karena kebiasaan minum soda setiap hari dapat membawa sederet dampak buruk berikut ini:

  • Pubertas dini

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Human Reproduction, anak perempuan yang sering minum soda (dan minuman manis lainnya) cenderung akan mengalami menstruasi lebih cepat.

Senada dengan itu, penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School melaporkan bahwa anak perempuan usia 9-14 tahun yang minum soda setiap hari mengalami menstruasi 2,7 bulan lebih cepat dibandingkan anak yang hanya minum soda satu kali seminggu.

Perlu Anda ketahui, pubertas yang terjadi terlalu dini dapat meningkatkan risiko kanker payudara di kemudian hari.

  • Stroke

Minum soda setiap hari, menurut studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, dapat meningkatkan risiko stroke atau strok hingga 16%. Peningkatan risiko ini sejalan dengan jumlah soda yang Anda minum setiap hari. Semakin banyak soda yang diminum dalam sehari, semakin besar pula risiko strok yang Anda miliki.

Selanjutnya

  • Penyakit Alzheimer

Studi yang dilakukan oleh Boston University mengatakan, minum soda setiap hari menyebabkan penurunan daya ingat dan pengecilan otak – yang merupakan tanda dan gejala awal dari penyakit Alzheimer.

Sementara itu, studi lain menyebutkan bahwa orang yang minum satu kaleng diet soda setiap hari akan mengalami peningkatan risiko demensia hingga tiga kali lipat.

  • Diabetes tipe-2

Jika Anda tak ingin terkena diabetes, sebaiknya hindari minum soda setiap hari mulai sekarang. Ini karena sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia melaporkan bahwa minum soda setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2.

Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institute itu menemukan bahwa orang yang minum dua kaleng (200 ml) soda setiap hari mengalami peningkatan risiko diabetes tipe-2 hingga 2,4 kali lipat. Sedangkan, jika Anda minum soda hingga 1 liter setiap hari, risiko tersebut akan melonjak hingga 10 kali lipat.

  • Penyakit jantung

Anda dapat mengalami peningkatan risiko penyakit jantung bila memiliki kebiasaan minum soda setiap hari. Hal ini telah dibuktikan pada penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal tahun 2015.

Penelitian yang dilakukan pada 42.000 pria Swedia selama 12 tahun itu menemukan bahwa pria yang minum dua kaleng soda setiap hari mengalami peningkatan risiko gagal jantung hingga 23%.

Selanjutnya

  • Kelahiran prematur

Studi yang dilakukan pada 60.000 wanita di Denmark selama 6 tahun melaporkan bahwa wanita yang minum empat kaleng soda atau lebih setiap hari memiliki kemungkinan 78% lebih besar untuk melahirkan secara prematur.

Hal itu terjadi karena minuman bersoda mengandung kadar sodium tinggi, yang bisa meningkatkan risiko hipertensi. Wanita hamil yang mengalami hipertensi alias darah tinggi memiliki risiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi prematur.

  • Penuaan dini

Penelitian yang dilakukan oleh University of California di San Fransisco, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang yang minum sekaleng soda setiap hari akan terlihat 1,9 tahun lebih tua dari usia yang sebenarnya. Sedangkan jika Anda minum hingga tiga kaleng soda setiap hari, maka Anda akan terlihat lebih tua hingga 4,6 tahun dari usia yang sebenarnya.

Itulah dampak buruk yang akan terjadi jika Anda minum soda setiap hari. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, sebaiknya batasi jumlah minuman bersoda atau minuman manis jenis lain yang Anda konsumsi.

[NB/ RVS]

Penuaan DiniMinum sodaDiabetesStroke

Konsultasi Dokter Terkait