Kesehatan Umum

Tidur Cukup Bisa Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Gerardus Septian Kalis, 13 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebuah penelitian mengungkapkan, tidur cukup dapat membatasi asupan gula dan karbohidrat harian Anda.g

Tidur Cukup Bisa Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Ingin mengatur nutrisi makan Anda menjadi lebih baik? Tidur, jawabannya. Meski cara ini terlihat sederhana, faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wendy Hall dari  King's College London dan timnya membenarkan hal ini. Tidur cukup ternyata membantu Anda terhindar dari risiko kadar gula dan karbohidrat yang berlebihan.

Hall dan timnya meneliti 42 orang dengan menyelidiki kaitan antara tidur dan diet. Setengah dari peserta diberi saran bagaimana mendapatkan tidur lebih lama—seperti menghindari kafein sebelum tidur, tidak stres dan tidak tidur saat kenyang atau lapar.

Nasihat ini dimaksudkan untuk membantu mereka meningkatkan kuantitas tidurnya. Sementara 21 orang lainnya tidak menerima saran untuk lebih banyak tidur.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 86 persen peserta yang diberi saran, menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidu,r dan sekitar setengahnya tidur lebih lama dari biasanya.

Waktu tidur yang lebih lama tersebut menyebabkan berkurangnya asupan gula 10 gram dalam sehari. Selain itu, orang yang lebih banyak tidur juga lebih sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

“Fakta bahwa memperpanjang tidur menyebabkan pengurangan asupan gula menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup yang sederhana benar-benar dapat membantu orang untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat,” kata Hall.

Temuan ini bukanlah yang pertama mengaitkan antara diet dengan tidur. Sebuah penelitian di tahun 2011 yang diikuti lebih dari 1500 orang lanjut usia selama enam tahun mengungkapkan, mereka yang menjadi gemuk rata-rata waktu tidurnya hanya 6,3 jam dalam sehari.

Sementara mereka yang tidur 7,2 jam dalam sehari memiliki berat badan yang ideal.

Membuat jadwal tidur sangat disarankan bagi Anda yang kurang disiplin menjalankan pola tidur yang baik. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7 jam per hari. Atur waktu tidur dan bangun Anda di waktu yang sama setiap harinya.

Agar bisa tidur cukup, cobalah untuk tidak membuat perbedaan jam tidur di akhir pekan. Waktu  tidur yang konsisten dapat memperkuat siklus tidur bangun Anda menjadi teratur. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko berlebihnya kadar gula dan karbohidrat dalam tubuh.

[NP/ RVS]

KarbohidrattidurgulaTidur Cukup

Konsultasi Dokter Terkait