Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Menggendong Anak Balita?

Ada yang mengatakan bahwa menggendong anak balita saat hamil dapat berbahaya. Ini faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Pemandangan ibu hamil yang menggendong anak balita mungkin terasa wajar saja bagi Anda. Namun, apakah sebenarnya ini aman?

Dikutip dari BabyCenter, menggendong anak balita saat hamil sebenarnya tidak masalah, terutama pada awal-awal kehamilan. Dalam banyak kasus, menurut Dr. Mary Polan dari Stanford University School of Medicine, ibu hamil dapat mengangkat 13 kg anak hingga tak terasa nyaman lagi. “Biasanya ini terjadi saat kehamilan sudah memasuki bulan keempat atau kelima,” katanya.

Anda perlu lebih berhati-hati jika memiliki komplikasi kehamilan, seperti perdarahan atau kontraksi. Sebaiknya bicarakan dengan dokter mengenai tindakan yang harus dilakukan. Apakah Anda boleh menggendong anak atau tidak. Atau berapakah berat yang aman untuk diangkat, dan lain-lain.

Jika memang membopong anak terasa tak nyaman, Anda tak perlu melakukannya. Dengarkan tubuh Anda sendiri. Bila Anda memaksakan diri untuk menggendong, akibatnya bisa fatal. “Risiko cedera punggung dapat meningkat. Bisa juga terjadi hentakan janin yang kemudian menyebabkan lepasnya plasenta dari rahim, tetapi ini jarang terjadi,” kata dr. Dyah Novita Anggraini.

Perlu diketahui juga bahwa seiring membesarnya perut Anda, menggendong anak balita dapat menimbulkan rasa pusing. Jadi jika Anda meraih anak dari bawah kemudian mengangkatnya, mungkin akan terasa sedikit pusing atau kehilangan keseimbangan.

Agar tetap aman dan nyaman, ada beberapa cara menggendong anak yang perlu diperhatikan. “Raih anak dengan berjongkok menekuk lutut, bukan membungkuk di pinggang. Ingat juga agar punggung tetap lurus. Lalu pada saat mengangkat, bernapaslah dengan mulut sehingga perut rata dan dasar panggul berkontraksi,” jelas Dyah.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan stroller saat berjalan jauh dengan anak. Supaya anak terbiasa dan tidak merengek, jangan langsung mengiyakan saat ia minta diangkat. Katakan pada anak untuk tetap berada di kereta untuk sementara waktu, sehingga ia dapat mulai nyaman di dalamnya. Atau ajak anak untuk berjalan jika memungkinkan. 

Pada dasarnya, kemampuan ibu hamil untuk menggendong anak balitanya tak bisa disamaratakan. Ukuran tubuh anak pun bervariasi. Beberapa anak cenderung bongsor untuk usianya dan ada juga yang lebih ringan sehingga mudah dibopong. Jika merasa bingung atau khawatir, bagaimana kiat terbaik menggendong balita saat Anda hamil, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter Anda.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar