Kesehatan Anak

Dampak Makanan Cepat Saji pada Tumbuh Kembang Anak

dr. Dyah Novita Anggraini, 12 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meski sering dijadikan menu favorit, makanan cepat saji ternyata dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak.d

Dampak Makanan Cepat Saji pada Tumbuh Kembang Anak

Makanan cepat saji kerap dipilih sebagai menu alternatif untuk menambah nafsu makan si Kecil. Di balik itu, tahukah Anda bahwa makanan jenis ini bisa membawa dampak buruk bagi tumbuh kembang anak?

Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Study of Asthma and Allergies in Childhood, konsumsi makanan cepat saji dikaitkan dengan munculnya gejala asma, rinitis dan eksim pada anak.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 500.000 anak, yang terdapat di 31 Negara. Anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji sebanyak 3 kali dalam seminggu diketahui memiliki risko terkena asma, rinitis, dan eksim yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, anak yang sering mengonsumsi makanan cepat saji juga akan berisiko tinggi untuk mengalami:

  • Penurunan prestasi akademik

Kandungan gizi yang tidak lengkap, serta tingginya kadar gula dan lemak pada makanan cepat saji dapat mengganggu perkembangan otak maupun fungsi memori anak. Hal ini dapat menganggu proses belajar anak, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan prestasi akademiknya.

  • Kegemukan atau obesitas

Makanan cepat saji mengandung lemak dan gula yang kadarnya sangat tinggi. Keadaan ini menyebabkan penguraian lemak di dalam tubuh menjadi lebih sulit, sehingga lemak akan semakin menumpuk. Hasilnya apalagi kalau bukan kegemukan alias obesitas.

  • Menurunnya rasa percaya diri hingga depresi

Obesitas akibat mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebih akan berpengaruh pada perkembangan fisik anak. Ini membuat anak menjadi tidak percaya diri, dan berisiko mengalami depresi sejak dini.

  • Mudah lemas

Kurangnya asupan gizi, vitamin dan mineral saat masa tumbuh kembang, membuat anak cenderung lemas dan tidak bertenaga dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Timbul penyakit kronis

Obesitas, ditambah kurangnya asupan gizi di masa tumbuh kembang, membuat anak berisiko tinggi untuk mengalami diabetes melitus tipe-2, hipertensi, penyakit jantung, dan kanker.

Agar kejadian di atas tidak terjadi pada anak, pastikan Anda membatasi atau bahkan menghindari pemberian makanan cepat saji padanya. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan makanan sehat dan bergizi seimbang. Dengan begini, anak akan memiliki tumbuh kembang yang optimal, serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

[NB/ RVS]

Tumbuh Kembang AnakMakanan Cepat SajiTumbuh kembangFast Food

Konsultasi Dokter Terkait