Sukses

Usia Berapa Bayi Boleh Naik Pesawat?

Inilah usia yang tepat bagi bayi untuk bepergian naik pesawat.

Klikdokter.com, Jakarta Membawa bayi bepergian naik pesawat tentu membuat banyak orang tua cemas. Rasa khawatir ini beralasan, mengingat sistem antibodi pada bayi belum terbentuk dengan sempurna. Lantas, usia berapa bayi diperbolehkan naik pesawat?

Menurut dr. Karin Wiradarma, usia yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat adalah saat bayi memasuki usia 2 minggu. Namun jika tidak terpaksa, sebaiknya naik pesawat setelah bayi berusia 3 bulan.

Karin mengungkapkan bahwa sebagian besar ahli menyarankan untuk membatasi paparan bayi yang baru lahir atau bayi kecil terhadap sekumpulan orang dalam jumlah banyak. Hal ini untuk mencegah tertularnya penyakit seperti infeksi virus atau infeksi lain. Tak hanya itu, penerbangan panjang dalam pesawat juga dapat menimbulkan stres pada bayi.

“Apalagi segala keperluan bayi yang perlu dibawa dalam kabin akan merepotkan dan mengganggu kelancaran perjalanan orang tua,” katanya.

Sementara itu, menurut dr. Suci Dwi Putri, perjalanan menggunakan pesawat juga berisiko menimbulkan barotrauma, atau gangguan pada organ telinga akibat perubahan tekanan udara secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat membuat saluran tuba eustachius di dalam telinga tidak bisa membuka dan memicu nyeri.  

“Itulah sebabnya mengapa di pesawat disediakan permen untuk dikunyah selama perjalanan,” jelas Suci.

Agar saluran tuba eustachius terus terbuka, Suci menyarankan agar bayi selalu mendapatkan ASI selama penerbangan terutama saat lepas landas dan mendarat. Ini bertujuan agar bayi melakukan gerakan mengunyah dan menelan yang pada akhirnya akan membuka saluran tuba eustachiusnya.

Tidak hanya kondisi bayi yang harus dijaga selama penerbangan, tetapi juga ibu. Sebelum terbang, ibu harus sehat dan sudah pulih dari proses persalinan. Wanita yang baru melahirkan memiliki risiko penggumpalan darah dan masalah penyakit lainnya. Oleh karena itu, saat ingin melakukan penerbangan, seorang ibu harus minum banyak air putih dan terus bergerak sepanjang perjalanan. 

Perlu diingat bahwa jika perjalanan ini bukanlah sesuatu yang mendesak, sebaiknya tidak dilakukan sampai anak berusia lebih besar. Jika orang tua masih ragu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terlebih dulu. Itulah hal-hal penting yang harus diperhatikan agar bayi Anda selalu sehat sebelum dan sesudah bepergian naik pesawat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar