Kesehatan Umum

5 Cara Atasi Hangover Usai Pesta Tahun Baru

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 02 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bangun dalam keadaan hangover setelah pesta di malam tahun baru yang meriah? Atasi dengan cara ini.

5 Cara Atasi Hangover Usai Pesta Tahun Baru

Perayaan pesta di malam tahun baru yang meriah kadang membuat hangover menjadi tak terelakkan. Kondisi ini terjadi akibat teralu banyak menenggak minuman beralkohol.

Hangover merupakan kondisi pasca-mabuk, yang disertai dengan nyeri kepala, pusing, mual, linglung dan kehausan. Tingkat keparahan hangover biasanya berhubungan dengan jumlah alkohol yang diminum dan kondisi tubuh pada saat itu, misalnya sedang lapar atau dehidrasi.

Mengatasi hangover

Salah satu cara terbaik untuk mencegah hangover adalah menghindari minuman beralkohol. Namun, jika Anda tidak bisa menahan diri untuk mengonsumsi jenis minuman tersebut di malam tahun baru, lakukan tindakan ini untuk membantu mengatasi hangover yang terjadi:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Alkohol memiliki efek diuresis pada tubuh, yang berarti Anda akan banyak berkemih. Karena efek ini, konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat membuat Anda dehidrasi, dan mengalami nyeri kepala.

Dalam kondisi yang masih bisa ditangani di rumah, dehidrasi dapat diatasi dengan minum air putih sebanyak mungkin, minimal sampai rasa dahaga hilang. Namun berhati-hatilah, karena dalam kasus yang lebih parah, dehidrasi akibat keracunan alkohol dapat berbahaya dan bahkan bisa berujung pada kematian.

  1. Sarapan sehat

Untuk memproses alkohol berlebih dalam waktu yang singkat, tubuh perlu bekerja keras dan didukung dengan nutrisi yang tepat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk sarapan dengan menu tinggi protein –seperti telur, dada ayam, atau ikan. Pastikan pula Anda mengakhiri sarapan pagi dengan mengonsumsi buah-buahan.

Jika sarapan dengan menu tersebut terlalu berat bagi Anda yang mual akibat hangover, Anda bisa mengganjal perut dengan sereal gandum utuh dan madu.

  1. Tidur cukup

Alkohol dapat menyebabkan gangguan kualitas dan durasi tidur Anda. Hal ini semakin diperburuk dengan begadang saat pesta tahun baru, yang dapat merusak jadwal tidur.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk selalu mencukupi waktu tidur Anda. Jika Anda merasa sulit tidur, cobalah minum air putih dalam jumlah banyak dan bersantai. Dengan ini, tubuh dapat melalui hangover dengan baik.

  1. Olahraga

Olahraga mungkin terdengar seperti ide yang buruk untuk dilakukan saat hangover. Namun, olahraga ringan dapat memicu keluarnya keringat, yang akan membantu membersihkan racun akibat alkohol dalam tubuh Anda.

Tidak hanya itu, olahraga juga akan meningkatkan peredaran darah sehingga sistem sirkulasi tubuh dapat bekerja lebih baik.

  1. Suplemen

Meski masih membutuhkan penelitian lanjutan, beberapa bahan alami diketahui dapat menjadi suplemen untuk membantu meredakan hangover. Bahan alami yang dimaksud adalah ginseng merah, jahe, dan buah kaktus (opuntia).

Ginseng dan opuntia dapat menurunkan kadar alkohol dalam tubuh, serta meringankan gejala hangover. Sedangkan jahe merah dapat membantu meredakan mual dan diare akibat minuman beralkohol.

Jika mengalami hangover yang sangat parah, Anda sebaiknya mengontrol ketat jumlah alkohol yang dikonsumsi atau bahkan menghindarinya sama sekali. Awali tahun baru dengan memulai gaya hidup sehat, agar kesehatan tubuh yang hakiki dapat menjadi milik Anda sepenuhnya.

[NB/ RVS]

Tahun BaruHangoverAtasi Hangover

Konsultasi Dokter Terkait