Seks

Sering Onani Bikin Tinggi Badan Bertambah, Benarkah?

Nur Budhi, 26 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan sekadar memuaskan nafsu, onani juga dituding dapat menambah tinggi badan. Apakah ini terbukti?

Sering Onani Bikin Tinggi Badan Bertambah, Benarkah?

Onani atau masturbasi merupakan aktivitas merangsang alat kelamin sendiri, baik dengan pijatan maupun sentuhan, hingga mencapai orgasme. Aktivitas seksual ini kerap dilakukan pria, karena diyakini dapat menambah tinggi badan. Benarkah demikian?

Jawabannya adalah tidak. Onani tidak dapat menambah atau mengurangi tinggi badan. Ini karena penelitian menyebutkan bahwa onani dan pertumbuhan tubuh memiliki mekanisme yang berbeda. Dua-duanya tidak memiliki keterkaitan sama sekali.

Bukannya menambah tinggi badan, dr. Dyah Novita Anggraini menyebutkan bahwa onani justru dapat membuat Anda berisiko untuk mengalami:

  • Kelelahan
  • Ejakulasi dini
  • Gangguan ereksi
  • Luka atau trauma pada penis
  • Infeksi saluran kemih
  • Gangguan psikis
  • Kebocoran katup air mani (spermatorrhea).

Faktor Mempengaruhi Tinggi Badan

Lantas, apa saja yang memengaruhi tinggi badan seseorang?

  1. Genetik atau keturunan

Jika Anda memiliki ayah atau ibu dengan tubuh yang tinggi, maka kemungkinan Anda untuk mengalami hal yang sama akan meningkat berlipat ganda.

  1. Asupan gizi

Untuk menambah tinggi badan, Anda wajib mengonsumsi menu yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zink, serta vitamin D. Ini karena semua zat gizi tersebut berperan pada pertumbuhan tulang dan otot.

  1. Hormon

Manusia memiliki hormon pertumbuhan (growth hormone), yang berperan dalam menunjang pertumbuhan otot, tulang, dan organ-organ lainnya. Hormon ini diproduksi langsung di dalam tubuh, dan produksinya meningkat saat Anda sedang tidur. Oleh karena itu, jika ingin menambah tinggi badan, Anda dianjurkan untuk tidur paling tidak 8 jam dalam sehari.

  1. Olahraga

Olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki dapat membantu menambah tinggi badan. Beberapa jenis olahraga yang dimaksud adalah atletik, lari santai, lompat tali, basket, dan berenang.

Artikel Terkait: Dampak Onani

Itulah fakta sebenarnya di balik anggapan yang menyebutkan bahwa onani dapat menambah tinggi badan. Mengetahui hal ini, Anda sebaiknya lebih bijaksana dalam menyikapi segala informasi yang beredar, apalagi bila itu menyangkut kesehatan. Tetap waspada, tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga!

[NB/ RVS]

Masturbasionani

Konsultasi Dokter Terkait