Saraf

5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

Gerardus Septian Kalis, 20 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa makanan ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak Anda.

5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

Semakin bertambahnya usia, banyak organ tubuh yang mengalami penurunan fungsi. Salah satunya adalah otak. Kinerja organ ini memengaruhi setiap hal yang dipikirkan serta dilakukan oleh seseorang. Maka dari itu, kesehatan otak haruslah diperhatikan dan dijaga dengan baik agar fungsi otak dapat bekerja dengan optimal.

 Seperti dikutip dari Prevention, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan otak Anda:

  • Blueberry

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry dapat menurunkan risiko Alzheimer hingga 53%. Blueberry memiliki kandungan yang kaya akan flavonoid, yakni antioksidan yang dapat melindungi otak dari stres. Buah ini juga turut memperkuat komunikasi sel otak.

  • Kuning telur

Kuning telur mengandung sumber kolin yang melimpah dan vitamin B kompleks yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak. “Kolin menjaga memori Anda dan memungkinkan sel otak berkomunikasi dengan lebih efektif,” kata Jennifer McDaniel dari Academy of Nutrition and Dietetics.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan kolin berkaitan dengan peningkatan fungsi kognitif, termasuk memori.

  • Minyak zaitun

Dalam sebuah penelitian tahun 2017 yang dilakukan oleh Temple University ditemukan bahwa mengonsumsi minyak zaitun extra virgin dapat melindungi ingatan, meningkatkan kemampuan belajar, serta mengurangi pembentukan dua penanda Alzheimer (amyloid-beta plaques dan neurofibrillary tangles).

Meskipun mekanisme pastinya tidak jelas, oleocanthal yang merupakan antioksidan yang ditemukan dalam minyak zaitun, dianggap mungkin saja berperan dalam mengatasi gangguan pada otak.

  • Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3, DHA dan EPA, dimana semuanya sangat penting untuk kesehatan otak. “Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan stres di dalam otak yang mungkin berperan dalam perkembangan penyakit Alzheimer,” kata McDaniel.

Sementara itu, kandungan DHA pada salmon dapat membantu membatasi penyusutan otak yang terjadi karena penambahan usia seseorang.

  • Kacang walnut

Kacang jenis ini mengandung asam alfa-linolenat serta asam lemak omega-3 yang berbasis tanaman. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Nutritional Neuroscience, orang dewasa yang berusia 65-75 tahun dengan tingkat ALA (Alpha-lipoic acid) dan omega-3 berbasis tanaman yang tinggi dalam darahnya, tampil lebih baik dalam tes kecerdasan.

Nah, itulah beberapa makanan yang dinilai dapat meningkatkan kemampuan otak Anda. Ingatlah bahwa apa yang Anda makan dapat memengaruhi kesehatan otak. Oleh sebab itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, B6, dan B12 yang dapat mencegah penurunan daya ingat Anda.

[NP/ RVS]

Kesehatan otakmakananMenjaga Kesehatan Otak

Konsultasi Dokter Terkait