Otot dan Sendi

Mengenal Fibromyalgia, Penyakit yang Menyerang Lady Gaga

dr. Andika Widyatama, 18 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lady Gaga dikabarkan membatalkan konsernya, karena mengalami fibromyalgia. Apa itu fibromyalgia?

Mengenal Fibromyalgia, Penyakit yang Menyerang Lady Gaga

Penyanyi terkenal asal Amerika Serikat, Lady Gaga dikabarkan sempat membatalkan konsernya beberapa waktu lalu, lantaran mengalami suatu masalah kesehatan yang disebut fibromyalgia. Sebenarnya, apa itu fibromyalgia?

Fibromyalgia adalah kondisi yang ditandai dengan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi di seluruh tubuh. Peneliti mengatakan bahwa pada fibromyalgia, sensasi nyeri lebih terasa akibat perubahan pola pemrosesan sinyal nyeri di otak.

The National Fibromyalgia & Chronic Pain Association menyatakan, 4 persen dari seluruh jumlah penduduk di seluruh dunia mengalami fibromyalgia. Fibromylagia lebih banyak terjadi pada perempuan. Angkanya mencapai 80 persen dari seluruh kasus, dan lebih banyak terjadi pada usia paruh baya.

Gejala fibromyalgia kadang dapat muncul pada beberapa kondisi, seperti setelah operasi, infeksi, cedera, atau stres. Gejala fibromyalgia bisa berupa:

  • Nyeri di seluruh bagian tubuh dalam waktu lama (setidaknya tiga bulan).
  • Menurunnya kemampuan untuk fokus dan konsentrasi.
  • Perasaan lelah saat baru bangun tidur, meski durasi tidur cukup.
  • Gangguan tidur seperti keinginan yang tidak tertahankan untuk menggerakkan kaki (restless leg syndrome).
  • Gangguan napas saat tidur.

Adapun gejala penyerta dari fibromyalgia, yaitu sakit kepala, nyeri pada persendian rahang dekat telinga (temporomandibular joint disorder), kontraksi berlebihan pada usus besar (irritable bowel syndrome), dan nyeri pada kandung kemih (painful bladder syndrome).

Penyebab dari fibromyalgia belum diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi fibromyalgia, yaitu faktor genetik, stres, cedera fisik, dan infeksi.

Obat-obatan yang diberikan untuk penderita fibromyalgia biasanya hanya untuk meredakan gejala nyeri dan untuk memudahkan tidur. Obatnya meliputi antinyeri, antidepresan, dan mungkin dikombinasi dengan obat antikejang tertentu. Obat antikejang tertentu yang disinyalir memiliki efek pereda nyeri yang baik pada fibromyalgia.

Selain pemberian obat-obatan, terapi fibromyalgia juga disertai dengan terapi fisik dan konseling. Terapi fisik berperan untuk melatih dan meningkatkan stamina, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh. Sedangkan konseling atau konsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikolog diharapkan dapat membantu mengatasi stres.

Anda juga bisa melakukan beberapa upaya untuk meredakan gejala fibromyalgia, yaitu dengan mengurangi stres, berolahraga secara rutin, mencukupi waktu tidur, dan mengonsumsi makanan sehat.

Jangan anggap remeh gangguan yang ditimbulkan oleh fibromyalgia, karena dapat menurunkan produktivitas Anda. Bahkan, Anda memiliki kemungkinan mengalami depresi dan kecemasan.

Sudah terbukti bahwa pekerjaan seorang penyanyi bintang seperti Lady Gaga pun dapat dihambat oleh fibromyalgia. Oleh karena itu, bila mengalami gejala yang mengarah ke fibromyalgia, segera periksakan diri ke dokter. Ini penting agar Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

[BA/ RVS]

Nyeri Kepala FibromyalgiaLady Gaga

Konsultasi Dokter Terkait