Sukses

Waspada, Usia di Atas 40 Rentan Cedera Ini Saat Olahraga

Apa saja cedera yang harus diwaspadai saat berolahraga, ketika usia di atas 40?

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki usia di atas 40 tahun, olahraga adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat dan bugar. Olahraga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan kanker. Akan tetapi, berolahraga di usia ini kadang dapat menimbulkan rasa sakit, cedera hingga luka serius pada tubuh.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagian tubuh mana yang berisiko mengalami cedera. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat melakukan upaya ekstra untuk menghindarinya. Dikutip dari Prevention, berikut ini adalah beberapa masalah pada  bagian tubuh atau cedera yang rentan dialami seseorang ketika menginjak usia 40 tahun ke atas:

  1. Nyeri punggung bawah

Nyeri punggung bawah kerap dikeluhkan orang saat berolahraga. Kondisi ini bisa terjadi ketika orang tersebut melakukan gerakan secara berlebihan atau salah (misalnya, terlalu melengkungkan punggung bawah). Biasanya ini dialami saat gerakan push-up, kettle bell swings, dan beberapa pose yoga.

American Chiropractic Association memperkirakan sekitar 31 juta orang Amerika mengalami nyeri punggung bawah pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, menurut seorang ahli fisiologi olahraga, faktor usia dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya nyeri punggung bawah.

  1. Masalah lutut

Lutut dapat terasa sakit jika Anda baru memulai berolahraga. “Hal ini terutama berlaku untuk orang-orang yang sudah lama tidak aktif bergerak, kemudian mencoba menurunkan berat badan dengan melakukan latihan berintensitas tinggi,” kata Alice Holland dari Stride Strong Physical Therapy.

Namun, lutut memang lebih rentan cedera saat Anda menua. Beberapa gerakan olahraga yang dapat membuat lutut sakit adalah squats, deep knee bends, dan lunges. Dan wanita ternyata lebih sensitif terhadap kondisi ini daripada pria karena fisiologi lutut dan pinggul mereka.

  1. Cedera rotator cuff

Cedera rotator cuff adalah kondisi cedera pada salah satu atau semua bagian ligamen di sendi putar bahu. Peradangan rotator cuff adalah salah satu penyebab nyeri bahu yang paling umum.

“Setiap program olahraga yang melibatkan angkat beban, angkat beban berulang, dan push-up membuat orang yang lanjut usia berisiko cedera,” kata Barbara Bergin, MD, seorang ahli bedah ortopedi.

  1. Cedera hamstring

Cedera hamstring adalah cedera yang menimpa tiga kelompok otot yang ada di paha bagian belakang. Otot ini tidak terlalu banyak digunakan saat seseorang berdiri atau berjalan.  Namun, jika Anda  gemar berlatih bola voli atau sofbol, Anda sangat berisiko mengalami cedera bagian ini.

“Orang-orang di atas 40 tahun senang berpartisipasi dalam olahraga tim. Namun mereka biasanya tidak melakukan peregangan dan kekuatan otot saat berpartisipasi dalam olahraga tersebut,” kata dokter terapi fisik, Bryan Lang.

  1. Plantar fasciitis

Plantar fasciitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian plantar fascia. Plantar fascia merupakan sekelompok jaringan padat dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit. Jika Anda terlalu banyak berdiri atau melakukan latihan yang mencakup banyak lompatan, Anda rentan mengalami sakit di tumit dan bagian bawah kaki.

Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, pastikan untuk melakukan peregangan, terutama pada bagian betis, sebelum Anda mulai berolahraga.

Demikian beberapa bagian tubuh yang rentan cedera saat berolahraga, terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia di atas 40 tahun. Karena itu, untuk menghindari cedera, cobalah untuk lebih mengenali setiap bagian tubuh Anda serta melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar