Sukses

Sering Flu Usai Ejakulasi? Mungkin Anda Alami Penyakit Ini

Flu yang terjadi usai mengalami ejakulasi merupakan salah satu tanda dari post-orgasmic disease syndrome. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering mengalami flu setelah mengalami ejakulasi? Jika ya, Anda mungkin saja mengalami post-orgasmic disease syndrome (POIS). Ini memang sebuah kondisi langka yang juga memberikan gejala lain seperti demam tinggi, berkeringat, dan muncul rasa gatal.

Selain memicu gejala fisik yang serupa dengan alergi, POIS juga bisa mengakibatkan perubahan kondisi mental seperti konsentrasi menurun dan mudah tersinggung. Menurut studi terbaru, kasus pertama dari kelainan ini didokumentasikan pada tahun 2002. Namun lebih dari 50 pasien telah muncul di seluruh dunia.

Sayangnya, penyebab utama dari POIS belum diketahui secara pasti, sebab studi tentang penyakit ini masih sangat minim. Menurut sekelompok ilmuwan dari Tulane University School of Medicine, New Orleans, Amerika Serikat, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengungkap lebih jauh tentang POIS.

Akan tetapi, para ahli menduga bahwa alergi terhadap protein yang terkandung di dalam air main bisa menjadi penyebabnya. Hal inilah yang kemudian menghasilkan respons autoimun di dalam tubuh, sehingga gejala yang dialami beberapa pasien mirip alergi.

Berdasarkan studi pada tahun 2016, ada dua jenis POIS. Tipe utama yang terjadi pada pria puber, dan tipe sekunder yang mungkin terjadi untuk pertama kalinya di usia lanjut. Para ilmuwan menemukan bahwa 87 persen dari 45 orang yang mereka uji telah mengalami gejala POIS dalam 30 menit setelah ejakulasi. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Translational Andrology and Urology.

Hingga kini belum ada perawatan khusus untuk menangani POIS. Namun penderita biasanya diobati dengan antihistamin, selective serotonin reuptake inhibitors, dan benzodiazepine. Gejala POIS biasanya menghilang setelah 3-7 hari, dan bisa terjadi lagi setelah seorang pria mengalami ejakulasi. Akibatnya, penderita berusaha menahan diri dari aktivitas seks.

Banyak pria yang mungkin memiliki gejala mirip POIS tapi tidak pernah melaporkannya karena malu. Semakin banyak penelitian mengenai POIS akan semakin mempermudah diagnosis dan tata laksana tepat. Jadi, jika merasakan sesuatu yang ganjal, misalnya flu, setelah ejakulasi, segera konsultasikan dengan dokter.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar