Sukses

Kenali Penyebab Timbulnya Penyakit Kulit Mata Ikan

Selain menyebabkan rasa nyeri, penyakit kulit mata ikan juga mengganggu penampilan. Kenali penyebabnya!

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit kulit mata ikan atau clavus merupakan penebalan kulit karena gesekan dan tekanan. Jika dibiarkan, lama-kelamaan mata ikan bisa menimbulkan rasa nyeri pada kaki ketika Anda berjalan. Tak hanya itu, mata ikan juga dapat mengganggu penampilan dan membuat Anda tak percaya diri ketika menggunakan sepatu terbuka.

Adanya benjolan atau area kulit yang menonjol dan menebal pada kaki, serta nyeri saat menggunakan sepatu terlebih ketika berjalan merupakan gejala mata ikan. Kulit area tersebut juga lebih sensitif dan nyeri ketika disentuh.

Penyebab mata ikan

Mata ikan (dan juga kapalan) disebabkan oleh adanya gesekan dan tekanan. Kondisi ini merupakan bentuk “perlindungan” tubuh tehadap kerusakan dan luka di kulit. Penyebab paling sering timbulnya mata ikan adalah penggunaan sepatu yang salah.

Ukuran sepatu yang tidak pas atau terlalu sempit akan bergesekan dengan kulit kaki dan menyebabkan penebalan kulit. Akibatnya, timbullah mata ikan. Berdiri terlalu lama, berjalan atau berlari dengan frekuensi terlalu berlebih juga dapat meningkatkan risiko terjadinya mata ikan. Terlebih jika Anda sering menggunakan sepatu hak tinggi.

Pada kondisi atau penyakit tertentu juga dapat meingkatkan risiko mengalami mata ikan, seperti bunion (tulang menonjol yang terbentuk pada sendi bagian bawah ibu jari kaki, sehingga ibu jari kaki terdorong ke arah jari-jari kaki yang lain) atau hammer toe (kelainan jari kaki di mana sendi jari kaki menekuk di buku jari tengah).

Kondisi lain seperti kerusakan kelenjar keringat, luka atau adanya kutil di kaki juga dapat menyebabkan tumbuhnya mata ikan. Tidak menggunakan sepatu atau sering bertelanjang kaki pun juga membuat kulit kaki Anda rentan terhadap gesekan dan tekanan, sehingga mata ikan akan lebih mudah terbentuk.

Struktur anatomis tulang seperti telapak kaki yang datar (flat feet) atau adanya bone spurs (pertumbuhan tulang yang kecil pada sendi), tekanan terus-menerus saat berolahraga dapat memicu tumbuhnya mata ikan. Penebalan kulit ini tak hanya terjadi di kaki, namun juga bisa terjadi di tangan Anda.

Supaya terhindar dari mata ikan, pemilihan sepatu menjadi faktor penting. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit (terutama di area depan kaki) untuk menghindari adanya gesekan dan tekanan pada kulit kaki Anda.

Namun jika penyakit kulit mata ikan yang Anda alami mulai mengganggu dan semakin nyeri, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar