Sukses

Efektifkah Mengecilkan Perut dengan Kompres Es?

Banyak orang menganggap bahwa kompres es ampuh mengecilkan perut. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Bila tidak menjaga pola makan, lemak dapat mudah menumpuk di perut. Penumpukan lemak di bawah kulit perut dan organ-organ di dalam perut dapat menyebabkan perut buncit. Untuk mengecilkan perut, beberapa mencoba mengompresnya dengan es. Namun apakah itu efektif?

Metode tersebut memang dapat mengurangi lemak di perut. Ada pula teori yang mendukung bahwa tubuh yang terpapar dingin akan bekerja dan mengubah lemak cadangan dalam bentuk lemak putih (lemak jahat) menjadi lemak cokelat (lemak baik).

Lemak putih tersebar di jaringan di bawah tubuh. Lemak putih berfungsi sebagai cadangan lemak. Lemak ini juga berperan sebagai penyimpanan energi (dalam bentuk trigliserida) dari makanan yang dikonsumsi dan akan digunakan kemudian hari.

Sedangkan lemak cokelat banyak terdapat pada janin dan bayi yang baru lahir. Pada orang dewasa, lemak cokelat terdapat di leher, punggung atas, bahu, dan sepanjang tulang belakang. Lemak cokelat berperan membakar lemak sebagai cadangan energi di dalam tubuh untuk menghasilkan panas. Lemak cokelat juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Meski tubuh telah mengubah lemak putih menjadi lemak cokelat sehingga terjadi pembakaran lemak, metode kompres es tidak terlalu maksimal. Dapat dikatakan pula bahwa metode ini kurang efektif dalam mengecilkan perut. Metode ini justru dapat menimbulkan efek samping seperti memar, kesemutan, atau mati rasa.

Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan metode pendinginan lemak secara profesional. Metode ini telah terbukti secara klinis dan dilakukan oleh dokter dengan prosedur criolipolisis.

Criolipolisis adalah metode penghancuran lemak dengan proses pendinginan yang dilakukan sampai suhu mencapai 4 derajat Celcius. Metode ini dapat membuat lemak tubuh mengkristal dan terjadi apoptosis (kematian selama permanen). Lalu, sel lemak tersebut akan dikeluarkan melalui keringat, urine, dan feses.

Di samping itu, Anda dapat mengecilkan perut secara permanen dengan berolahraga secara teratur dan menjalani diet sehat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat memperbanyak konsumsi serat dan diet rendah lemak. Selamat mencoba!

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar