Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatDiabetes4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes
Diabetes

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 09 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda perlu berpikir dua kali sebelum mengonsumsi makanan ini, karena dapat menyebabkan diabetes

4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Ya, ini adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula darah cenderung tinggi. Bila dibiarkan, dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata, saraf, ginjal atau organ tubuh lainnya.

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Berbicara tentang makanan penyebab diabetes, apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? Apakah hanya makanan manis saja? Nah, agar tidak keliru, inilah makanan yang sebenarnya dapat mencetuskan penyakit diabetes pada diri Anda:

  1. Karbohidrat tinggi

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau highly processed carbohydrates seperti roti tawar, pasta, makaroni, biskuit, buah kalengan, permen, dan sejenisnya dapat mencetuskan diabetes bila dikonsumsi berlebihan. Penyebabnya adalah kandungan gula yang sangat tinggi dalam makanan-makanan tersebut.

  1. Minuman ringan (soft drink)

Dalam satu kaleng minuman ringan terdapat sekitar 30 gram gula atau setara dengan 9 sendok teh gula. Jumlah tersebut tentu sangat tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa risiko diabetes melitus meningkat 26% pada mereka yang mengonsumsi 1–2 minuman ringan per hari.

  1. Lemak jenuh

Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol, lemak jenuh atau saturated fats juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Lemak jenis ini banyak terdapat dalam susu tinggi lemak, keju olahan, mentega, selai kacang, dan daging yang berlemak.

  1. Daging merah

Daging merah tanpa lemak memang tidak masalah, karena merupakan sumber protein hewani yang baik. Namun, daging merah yang diolah seperti daging asap dalam burgeratau sosis mengandung tinggi garam dan berpotensi menyebabkan diabetes. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi daging merah yang telah diproses dapat meningkatkan risiko diabetes melitus.

Meski makanan di atas dapat menyebabkan diabetes atau kencing manis, bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali. Anda hanya harus membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, serta berolahraga secara rutin dan teratur. Dengan demikian, risiko diabetes akan semakin kecil atau bahkan hilang sama sekali.

(NB/ RH)

makananDiabetesMakanan Penyebab Diabetes

Konsultasi Dokter Terkait