Sukses

5 Mitos Tentang Diabetes yang Tak Boleh Anda Percaya

Banyak mitos tentang penyakit diabetes yang beredar di masyarakat. Jangan sampai terkecoh, cari tahu fakta yang sebenarnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Jumlah penderita diabetes semakin meningkat. Komplikasinya yang buruk membuat penyakit ini cukup menyita perhatian, hingga melahirkan banyak anggapan-anggapan yang keliru.

Inilah lima mitos tentang diabetes dan fakta di baliknya:

  1. Diabetes hanya dialami oleh orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Ini adalah mitos. Memang, berat badan berlebih atau obesitas adalah salah satu faktor risiko diabetes. Tapi hal ini bukan satu-satunya faktor penentu.Sebab pada beberapa kasus, diabetes melitus bisa terjadi pada orang berbadan kurus. Ini karena diabetes memiliki faktor risiko lain, yaitu usia dan riwayat keluarga.

  1. Diabetes bukan penyakit serius

Pernyataan tersebut jelas hanya omong kosong. Diabetes memang sering muncul tanpa gejala yang jelas, sehingga sering dianggap tak berbahaya dan tidak perlu diobati.

Pada kenyataannya, diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang serius. American Diabetes Association menyebutkan bahwa kematian karena diabetes lebih banyak dibandingkan kematian akibat kanker payudara ataupun HIV/AIDS.

  1. Penderita diabetes akan mengalami kebutaan dan amputasi tungkai

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Kerusakan mata dan saraf tepi di tungkai memang merupakan komplikasi dari diabetes. Namun, tidak semua penderita akan mengalami hal itu.

Pada dasarnya, setiap komplikasi yang terjadi adalah ‘buah’ dari tata laksana yang kurang tepat. Misalnya tidak mengontrol kadar gula darah dengan baik, tidak menerapkan gaya hidup sehat, dan sebagainya.

  1. Penderita diabetes tak boleh makan makanan manis sama sekali

Hal ini tak sepenuhnya tepat. Konsumsi gula memang dapat menyebabkan peningkatan gula darah. Namun ini bukan berarti penderita diabetes harus benar-benar menghindari gula.

Penderita diabetes masih diperbolehkan mengonsumsi gula atau makanan manis, asal jumlahnya tidak berlebihan, dan tetap menjaga pola makan yang seimbang.

  1. Penderita diabetes akan lebih mudah sakit

Diabetes tidak membuat seseorang menjadi mudah sakit. Hanya saja, bila penderita diabetes mengalami infeksi lain, kadar gula darah akan cenderung lebih sulit dikontrol. Selama mendapat pengobatan yang tepat dan menjaga pola makan tetap seimbang, orang dengan diabetes tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

Itulah lima dari sekian mitos tentang diabetes, yang tidak boleh Anda percaya sama sekali. Salam sehat!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar