Sukses

Cara Ampuh dan Efektif Hilangkan Bekas Luka Cacar Air

Sebal dengan bekas luka cacar air yang mengganggu penampilan? Ini cara efektif untuk menghilangkannya.

Klikdokter.com, Jakarta Cacar air merupakan penyakit yang umumnya dialami oleh anak-anak. Meski tingkat keparahannya rendah bila terjadi pada anak, keluhan ini memberikan sensasi gatal yang sangat mengganggu.

Rasa gatal yang muncul membuat penderita sangat ingin menggaruk. Cacar air yang sering digaruk dan berulang kali dikelupas dapat meninggalkan bekas luka bopeng yang tidak sedap dipandang. Apalagi jika bekas luka tersebut terletak di wajah. Sesal pun baru muncul saat sudah beranjak dewasa.

Jika sudah terlanjur timbul bopeng cacar air, apakah bisa dihilangkan? Tentu bisa. Berikut tindakan yang dapat Anda lakukan:

  • Perawatan harian

Untuk dapat beregenerasi dengan baik, kulit membutuhkan asupan nutrisi yang memadai. Untuk itu, Anda harus rajin merawat kulit setiap hari.

Setelah mencuci muka dengan bersih, gunakan krim yang mengandung vitamin E, aloe vera atau cocoa butter ke kulit, terutama di bopeng bekas cacar air. Di samping itu, krim mengandung silicon yang diformulasikan khusus untuk memudarkan bekas luka cacar air juga dapat digunakan jika bopeng tidak terlalu dalam.

  • Perawatan di Dokter

Teknologi kedokteran terus berinovasi memunculkan berbagai pilihan terapi yang dapat digunakan untuk memudarkan, bahkan menghilangkan bekas luka cacar air yang cukup dalam.

Selain melakukan perawatan di rumah sendiri, Anda pun perlu melakukan perawatan dokter agar bekas cacar air lebih cepat pudar.

Anda dapat melakukan perawatan dengan laser non-ablatif untuk memudarkan bekas luka cacar air. Namun demikian, perawatan tersebut harus dilakukan beberapa kali, tergantung tingkat keparahan bopeng yang terjadi.

Selain laser, Anda bisa melakukan perawatan lain dengan harga yang lebih bersahabat, yaitu mikrodermabrasi. Tindakan ini bertujuan untuk mengikis lapisan teratas kulit, sehingga menjadi lebih rata dan menghilangkan bopeng bekas cacar air.

Anda juga dapat melakukan peeling kimia dengan TCA (trichloroacetic acid). Tidak perlu khawatir dengan prosedur ini, karena sebelum dilakukan, dokter akan mengoleskan krim kebal agar Anda tidak merasa terlalu sakit.

Ketika melakukan perawatan peeling kimiawi, Anda dianjurkan untuk selalu mengunakan tabir surya dan menghindari paparan sinar matahari. Penelitian menyebutkan bahwa 4 kali terapi peeling kimiawi dapat memudarkan bekas luka cacar air tingkat sedang-berat, dalam waktu 3 bulan. Selain itu, terapi ini pun cukup terjangkau dari segi harga.

Pilhan lainnya adalah dermaroller, atau disebut juga terapi microneedle. Terapi ini bertujuan untuk ‘melukai’ permukaan kulit, agar terangsang untuk membentuk kolagen baru dan menutup bopeng akibat cacar air. Perawatan ini pun relatif murah, tidak semahal terapi laser.

Dermaroller dapat dilakukan sebulan sekali. Umumnya empat kali perawatan telah dapat memberikan hasil yang cukup memuaskan. Penelitian membuktikan bahwa 80% pasien mendapatkan hasil yang memuaskan dari perawatan dengan dermaroller ini.

Nah, itu dia berbagai pilihan perawatan yang dapat Anda lakoni untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Jika hendak melakukan perawatan tersebut, pastikan Anda mengunjungi dokter yang berkompeten.

[NB/ RVS]

1 Komentar