Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiKesehatan MentalAnda Mudah Cemas? Hindari Makanan Ini!
Kesehatan Mental

Anda Mudah Cemas? Hindari Makanan Ini!

Gerardus Septian Kalis, 07 Des 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jika Anda mudah cemas, mulailah untuk lebih memperhatikan asupan makanan Anda.

Anda Mudah Cemas? Hindari Makanan Ini!

Selalu gelisah, cemas, tidak tenang, dan panik tanpa alasan adalah beberapa gejala yang ditimbulkan dari anxiety disorder. Jika Anda mengalami gangguan kecemasan semacam ini, Anda patut waspada.

Berbeda dari rasa cemas biasa, kecemasan pada anxiety disorder sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderitanya akan merasa lemah, sulit tidur, bahkan tak sanggup keluar rumah.

Untuk meminimalkan gangguan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain berkonsultasi dengan psikiater, Anda juga mesti lebih mencermati asupan makanan Anda. Bagaimanapun, pola makan dapat memengaruhi tingkat kecemasan Anda.

Berikut ini adalah lima makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda mengalami gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

  • Kafein

Kafein dapat memicu pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung. Hal ini kemudian dapat membuat seseorang merasa gugup dan mual. Jika Anda sering mengalami kegelisahan pada pagi hari, hindarilah minum kopi. Cobalah beralih dengan meminum teh atau jus hijau.

  • Gula buatan

Studi menunjukkan bahwa meskipun gula tidak menyebabkan kegelisahan secara langsung, namun tetap dapat menciptakan perubahan pada tubuh Anda. Artinya, gula dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mengatasi stres dengan efektif. Pada akhirnya, konsumsi gula dapat memperburuk gejala kecemasan Anda.

  • Gluten

Sebuah penelitian telah mengonfirmasi bahwa penderita penyakit Celiac dan intoleransi gluten memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan, depresi, dan gangguan mood. Oleh karena itu, kurangilah asupan gluten untuk mengelola kecemasan menjadi lebih baik.  

  • Makanan olahan

Tepung dan gula yang dimurnikan akan menyuburkan bakteri “jahat” di usus. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa kesehatan usus juga merupakan penyumbang utama kecemasan kronis. Untuk itu, supaya mood Anda dapat kembali normal, perbanyak populasi bakteri “baik” di usus dengan menghindari makanan olahan.

  • Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat membangkitkan gejala kecemasan. Alkohol adalah toksin yang mengganggu fungsi fisik dan mental seseorang. Selain itu, alkohol juga dapat memengaruhi tubuh dan sistem saraf, meningkatkan denyut jantung, menurunkan kadar gula darah, dan memicu dehidrasi akut.

  • Susu

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi susu dapat membuat seseorang menjadi lebih cemas. Bahkan, kecemasan dapat meningkat dalam beberapa menit setelah meminum susu. Di samping itu, susu bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan, menyebabkan kembung, diare, atau konstipasi.

Jadi, jika Anda tak ingin terus-menerus mengalami rasa cemas, hindarilah beberapa makanan yang telah dijelaskan tersebut. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter mengenai asupan makanan yang tepat untuk mengatasi gangguan kecemasan yang Anda alami. Semoga membantu!

[RS/ RVS]

makananCemasMudah Cemas

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter