Sukses

Awas, Libido Turun Karena Makanan Ini!

Penurunan gairah seksual atau libido mungkin berkaitan dengan makanan yang Anda konsumsi.

Klikdokter.com, Jakarta Libido yang menurun tidak hanya terjadi karena tubuh yang lelah atau stres, tetapi juga lantaran makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang memang diketahui dapat menurunkan gairah seksual Anda.

Makanan-makanan itu disebut juga anaphrodisiac, lawan dari aphrodisiac (makanan yang dapat meningkatkan libido). Berikut ini beberapa makanan yang dapat membunuh gairah seksual Anda:

  1. Kacang kedelai

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi kacang kedelai dan produk olahannya dalam jumlah berlebihan dapat berisiko menurunkan testosteron. Testosteron merupakan hormon laki-laki yang berkaitan dengan dorongan seksual dan produksi sperma.

  1. Makanan tinggi lemak

Makanan yang tinggi lemak jenuh, lemak tidak jenuh rantai panjang, dan lemak trans dapat menurunkan libido bila dikonsumsi berlebihan. Lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan penyumbatan arteri, baik di jantung, otak, maupun penis.

Bila terjadi penyumbatan di penis, hal tersebut dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Hal tersebut tentu dapat mengganggu libido Anda. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi lemak terlalu banyak juga dapat menyebabkan obesitas dan diabetes. Kedua kondisi itu selanjutnya dapat menurunkan libido atau gairah seksual.

  1. Makanan tinggi gula

Konsumsi makanan jenis ini secara berlebihan dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah. Pada akhirnya, kondisi tersebut juga dapat menurunkan testosteron, dan berakibat pada penurunan libido.

  1. Makanan tinggi garam

Jika Anda termasuk penggemar makanan dengan kandungan tinggi garam, berhati-hatilah. Pasalnya, makanan tinggi garam yang dikonsumsi berlebihan juga dapat berpotensi menurunkan libido.

  1. Alkohol

Konsumsi alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan kadar estrogen (hormon perempuan), dan sebaliknya menurunkan testosteron (hormon laki-laki). Konsumsi alkohol terlalu banyak juga dapat bertindak sebagai depresan yang bisa menurunkan gairah seksual.

Jika Anda memiliki masalah dengan turunnya gairah seksual Anda, maka salah satu makanan yang harus Anda hindari yaitu makanan yang mengandung lemak trans. Makanan-makanan yang lain yang sudah dijabarkan di atas masih boleh dikonsumsi, asalkan dalam jumlah wajar. Jadi, hindari mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan agar gairah seksual atau libido tetap optimal.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar