Sukses

Benarkah Bercak Putih di Mulut Pertanda AIDS?

Apakah bercak putih di mulut sudah pasti menjadi tanda adanya AIDS?

Klikdokter.com, Jakarta Sudah cukup  banyak orang yang mengetahui bahwa bercak putih di mulut merupakan salah satu pertanda bahwa orang tersebut memiliki penyakit AIDS.

Namun, apakah semua bercak putih di mulut sudah pasti merupakan pertanda seseorang terjangkit virus tersebut?

Kekebalan Tubuh Menurun

Bercak putih di mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun memang yang paling sering adalah infeksi jamur Candida, seperti yang dialami oleh penderita AIDS.

Infeksi jamur candida di mulut dapat menyebabkan bercak putih yang tampak agak menggumpal di lidah, bagian dalam pipi, gusi, sampai tenggorokan. Jika bercak tersebut dikelupas dapat menimbulkan sedikit perdarahan.

Apabila bercak putih tersebut tersebar dalam jumlah yang banyak, bahkan hingga ke tenggorokan, penderitanya dapat mengalami kesulitan makan dan nyeri saat menelan. Bayi yang mengalami infeksi candida pada mulut juga dapat menjadi lebih rewel dan sulit ketika menyusu.

Siapa yang Bisa Terkena?

Infeksi jamur Candida di mulut tersebut dapat dialami oleh siapa pun yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah  AIDS.

Selain AIDS, mereka yang memiliki penyakit lain yang dapat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh juga dapat menderita infeksi Candida, seperti kanker, diabetes, mereka yang menjalani kemoterapi dan radiasi, serta pengonsumsi kortikosteroid dalam dosis tinggi dan jangka panjang.

Selain itu, bayi dan anak pun lebih rentan terkena, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih belum matang, sehingga lebih mudah terserang infeksi.

Jadi, sudah jelas bahwa penyebab bercak putih di mulut bukan hanya AIDS semata. Namun demikian, apabila Anda menemukan adanya bercak putih di mulut, segeralah berkonsultasi kepada dokter, agar bercak putih di mulut pun dapat cepat ditangani.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar