Sukses

Cara Ampuh Mengobati Bisul yang Mengganggu

Sedang bisulan? Agar cepat pecah dan tak mengganggu, coba lakukan cara jitu ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bisul dapat sangat menyakitkan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika bisul tersebut besar atau berlipat ganda. Anda pasti merasa gatal dan gemas untuk langsung memencetnya.

Bisul merupakan benjolan merah bernanah. Tidak jarang, terasa nyeri saat disentuh. Penyebab bisul yang paling sering adalah bakteri  Staphylococcus aureus. Dan bagian tubuh yang paling sering terkena serangan adalah bagian yang memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak. Misalnya: wajah, kepala, dan ketiak.  

Pada umumnya, bisul yang berukuran kecil dapat ditangani sendiri di rumah dan jarang memerlukan penanganan oleh dokter. Jika bisul Anda termasuk kecil, berikut beberapa cara ampuh untuk membantu mempercepat penyembuhan bisul:

  • Jangan memaksa bisul untuk pecah, baik dengan jari atau alat bantu lainnya. Tindakan tersebut malah berpotensi menimbulkan infeksi baru di kulit Anda.
  • Jaga kebersihan bisul dengan baik. Rajinlah mencuci muka, khususnya jika Anda lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Kompres dengan air hangat selama 20–30 menit, 3 atau 4 kali sehari. Lakukan ini segera setelah Anda melihat adanya bisul. Kompres dapat membantu mengurangi radang.
  • Untuk mencegah infeksi menyebar, jangan berbagi handuk dan lap dengan orang lain.

Jika Anda memiliki bisul yang besar atau sekelompok bisul, kunjungi dokter untuk penanganan yang lebih optimal. Hanya dokter yang dapat menangani bisul tipe ini dengan aman. Selain itu, bisul yang besar dapat menjadi lembut dan sulit pecah dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi. Terutama pada bisul wajah karena berisiko tinggi mengalami komplikasi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar