Kesehatan Umum

Beragam Penyakit Ini Datang akibat Cuaca Tak Menentu

dr. Kartika Mayasari, 06 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cuaca tak menentu bisa menjadi cikal bakal beberapa penyakit berikut ini.

Beragam Penyakit Ini Datang akibat Cuaca Tak Menentu

Menjelang akhir tahun, cuaca tak menentu semakin menyelimuti Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Keadaan seperti ini tentu dapat membawa dampak buruk pada kesehatan Anda.

Tidak dimungkiri, cuaca tak menentu memang dapat membuat virus dan bakteri penyebab penyakit berkembang lebih pesat. Jika di saat bersamaan daya tahan tubuh sedang menurun, Anda sangat mungkin untuk terkena beberapa penyakit berikut ini:

1. Flu

Flu merupakan penyakit yang paling sering tejadi saat cuaca tak menentu. Keluhan yang juga dikenal sebagai common cold ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, yang tersering adalah Rhinovirus.

Saat kondisi cuaca sedang tak menentu, angin yang berhembus kencang dapat dengan mudah menyebarkan virus ke semua orang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun.

2. Batuk

Terik matahari dan angin yang bertiup kencang membuat debu beterbangan ke sana ke mari. Jika Anda sering berada di luar rumah dan tidak menggunakan masker, Anda sangat mungkin mengalami batuk.

Batuk merupakan mekanisme pertahan tubuh, ketika saluran pernapasan berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau lendir yang terperangkap di saluran napas.

3. Demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang lumrah terjadi di saat cuaca tak menentu. Ini karena penyebar virus demam berdarah, Nyamuk Aedes Aegypti, lebih mudah berkembang saat pergantian musim seperti sekarang.

Demam berdarah dapat dengan mudah menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah, apalagi jika orang tersebut tinggal di lingkungan dengan kebersihan yang tidak terjaga.

4. Diare

Salah satu penyakit langganan saat cuaca tak menentu adalah diare. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus, air yang tidak bersih, dan rendahnya daya tahan tubuh.

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan tinja lembek atau cair, yang dikeluarkan dengan frekuensi lebih sering dari biasanya. Kondisi ini juga dapat  disertai dengan gejala nyeri perut, mual, atau bahkan muntah. Pada kasus yang parah, penderita dapat mengalami demam dan feses berdarah.

5. Kolera

Kolera adalah penyakit infeksi saluran pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi. Kolera memiliki gejala berupa diare, kram perut, mual, dan muntah.

6. Demam tifoid

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhosa. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh akibat sanitasi yang buruk, terutama di saat cuaca tak menentu.

Demam tifoid memiliki gejala demam, diare, serta mual dan muntah. Penyakit ini dapat mengancam nyawa penderita jika tidak segera diatasi.

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang di saat cuaca tak menentu. Jika tidak ingin terkena, Anda wajib meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, olahraga secara rutin dan teratur, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan di lingkungan tempat Anda tinggal.

[NB/ RVS]

cuaca burukPenyakit

Konsultasi Dokter Terkait