Sukses

Kenali 5 Gejala Asma pada Anak

Untuk menghindari berbagai risiko, Anda perlu mengenali gejala-gejala asma pada anak.

Klikdokter.com, Jakarta Asma adalah peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang menyebabkan sesak napas. Asma tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga dapat menyerang anak-anak. Asma pada anak dapat terjadi kapanpun. Namun yang paling sering yaitu ketika anak berusia lima tahun.

Asma juga merupakan penyakit kronis pada sistem pernapasan yang berkaitan dengan alergi. Maksudnya, alergi dapat memperparah asma. Peradangan saluran pernapasan pada asma dapat terjadi karena beberapa hal yaitu serbuk sari, tungau, debu, udara dingin, dan asap rokok.

Asma yang terjadi pada anak tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti bermain, olahraga, sekolah, dan tidur. Bahkan pada beberapa kasus, asma yang tidak diterapi dengan baik dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua perlu mengetahui gejala asma pada anak. hal ini penting agar kondisi tersebut dapat segera diatasi.

Berikut ini beberapa gejala asma pada anak yang harus Anda kenali:

  1. Batuk terutama saat malam hari

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh udara yang lebih dingin saat malam hari, dibandingkan dengan siang hari.

  1. Mengi saat mengeluarkan nafas (wheezing)

Kondisi ini terjadi karena penyempitan saluran pernapasan, dampak dari peradangan saluran pernapasan pada penderita asma.

  1. Gangguan tidur

Gangguan tidur ini biasanya terjadi karena sesak napas yang biasanya bertambah berat di malam hari.

  1. Anak lebih cepat lelah

Hal ini dikarenakan gejala sesak napas yang timbul terutama di malam hari. Akibatnya, kualitas tidur anak pun memburuk.

  1. Anak lebih malas beraktivitas

Hal ini terjadi lantaran anak terlalu lelah, sehingga memicu sesak napas atau serangan asma. Alhasil, anak bisa jadi takut untuk kembali melakukan aktivitas fisik.

Melalui penjabaran di atas, Anda diharapkan dapat lebih waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter bila muncul gejala-gejala asma pada anak. Hal ini penting Anda ketahui, agar anak langsung mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari berbagai risiko.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar