Sukses

Cara Efektif untuk Memutihkan Gigi di Rumah

Anda ingin memutihkan gigi di rumah dengan cara yang efektif dan bebas ngilu? Simak caranya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang, entah perempuan atau laki-laki, tentu ingin memiliki senyum yang indah dan menawan demi menunjang penampilan. Banyak orang mengasosiasikan senyum indah dengan barisan gigi yang berwarna putih cerah.

Hal tersebut sebenarnya wajar saja. Namun secara alami, warna gigi masing-masing orang juga berbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kondisi lapisan gigi yaitu email (lapisan terluar gigi) dan dentin (lapisan yang berada di bawah email).

Warna email bervariasi mulai dari putih gading, putih kekuningan, hingga putih kebiruan. Sementara dentin berwarna kuning. Email gigi bersifat translusen atau dapat dilewati cahaya, sehingga warna dentin yang kuning dapat terlihat.

Jadi, jelas bahwa ketebalan email turut memengaruhi warna gigi. Jika email gigi tipis, warna gigi otomatis akan semakin kuning.

Meski demikian, gigi dapat diputihkan melalui beberapa cara. Salah satunya yaitu melalui pemutihan gigi (dental bleaching). Prosedur dental bleaching menggunakan bahan kimia. Bahan kimia yang lazim digunakan yaitu berbahan dasar hidrogen peroksida dengan berbagai konsentrasi.

Bahan kimia tersebut, dalam konsentrasi rendah hingga tinggi, dapat memiliki efek samping, yaitu timbulnya sensitivitas dan rasa ngilu pasca perawatan. Maka, perawatan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Perawatan ini sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi, atau dapat juga dilakukan di rumah dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi.

Cara lain untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan pasta gigi sensitif yang memiliki efek pemutih. Umumnya pasta gigi tersebut bekerja secara mekanis dengan kandungan bahan abrasif khusus yang akan merontokkan kotoran yang melekat pada permukaan gigi.

Penggunaan pasta gigi pemutih yang teratur dapat pula mencerahkan gigi dan relatif aman tanpa efek samping seperti rasa ngilu pada gigi.

Itulah beberapa perawatan gigi yang dapat dilakukan di rumah. Bila ingin memutihkan gigi dengan menggunakan bahan kimia seperti disebutkan di atas, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun gosok gigi secara teratur menggunakan pasta gigi pemutih juga dapat membantu mencerahkan gigi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar