Sukses

Ingin Gigi Tetap Putih? Hindari Hal Ini

Gigi akan mengalami perubahan warna seiring waktu. Anda bisa menghindarinya dan tetap memiliki gigi putih.

Klikdokter.com, Jakarta Deretan gigi yang sehat dan bersih tentu dapat membuat senyum menjadi lebih menarik. Tentu Anda pun semakin percaya diri. Namun gigi dapat mengalami perubahan warna seiring waktu. Dalam dunia medis, perubahan warna pada gigi disebut diskolorasi gigi.

Warna gigi manusia dipengaruhi oleh kondisi lapisan gigi yaitu email (lapisan terluar gigi) dan dentin (lapisan yang berada di bawah email). Warna email bervariasi mulai dari putih gading, putih kekuningan hingga putih kebiruan. Sementara dentin berwarna kuning.

Email gigi bersifat translusen atau bisa dilewati cahaya, sehingga warna dentin yang kuning dapat tampak. Gigi dapat menjadi tampak lebih kuning jika ketebalan lapisan email berkurang atau email mengalami keretakan. Alhasil, warna dentin yang kuning menjadi lebih jelas terlihat.

Kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat menyebabkan kerusakan email, misalnya langsung mengonsumsi makanan panas setelah meminum minuman dingin.

Kebiasaan tersebut lama-kelamaan dapat menyebabkan keretakan pada email. Akhirnya, zat warna dari makanan dan minuman lebih mudah menempel pada permukaan yang rusak tersebut dan mengakibatkan perubahan warna pada gigi.

Makanan dan minuman yang kaya akan zat warna yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi antara lain teh, kopi, wine, dan minuman berkarbonasi.

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa cara mengonsumsi minuman tersebut juga turut memengaruhi perubahan warna yang terjadi pada gigi. Faktanya, mengonsumsi minuman tersebut secara langsung akan menghasilkan perubahan warna yang lebih besar dibandingkan minum menggunakan sedotan.

Hal lain yang dapat mengubah warna gigi yaitu nikotin dan tar yang terkandung di dalam rokok. Jadi, jangan heran bila kebanyakan perokok memiliki gigi berwarna lebih gelap.

Di samping itu, kebersihan gigi yang buruk juga mengakibatkan penumpukan kotoran dan plak di permukaan gigi. Akibatnya gigi pun menjadi lebih kuning bahkan cokelat kehitaman.

Jadi, kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang harus selalu diperhatikan, supaya gigi tetap sehat dan putih. Anda juga perlu membiasakan diri untuk menyikat gigi sebelum tidur malam. Gunakan pula pasta gigi yang mengandung bahan aktif khusus untuk mencegah gigi berlubang dan menguatkan permukaan gigi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar