Sukses

4 Penyebab Turunnya Nafsu Makan pada Lansia

Inilah 4 hal tersering yang menyebabkan turunnya nafsu makan pada lansia.

Klikdokter.com, Jakarta Penurunan fungsi tubuh pada lansia membuat nafsu makan mereka juga berkurang. Hal ini membuat para lansia berisiko tinggi kekurangan gizi, yang dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya.

Lantas, hal apa yang menyebabkan lansia mengalami penurunan nafsu makan?

  1. Fungsi indra penciuman dan perasa yang menurun

Indra penciuman dan perasa sangat erat kaitannya dengan kemampuan manusia untuk merasakan, dan mencicipi makanan. Jika kedua indra tersebut sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tak heran kemampuan untuk merasakan lapar juga semakin berkurang.

  1. Penurunan fungsi mata

Katarak, degenerasi makula terkait usia, dan kelainan mata lainnya dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada lansia. Hal ini membuat para lansia kesulitan untuk ‘tergoda’ dengan penampilan makanan yang disajikan, sehingga mereka cenderung kehilangan minat pada makanan tersebut.

  1. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti obat Alzheimer, obat anti-depresan, dan stimulan, memiliki efek samping menurunkan nafsu makan.

Tak hanya itu, obat-obatan juga dapat membuat fungsi saluran pencernaan menurun. Hal ini membuat seseorang cenderung merasa kenyang, karena mereka belum mengeluarkan ‘sampah’ yang ada di dalam saluran cernanya.

  1. Masalah kesehatan mulut

Jika seorang lansia tampak kesulitan untuk mengunyah, mereka mungkin memiliki masalah dengan gigi atau gusi. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, minat mereka untuk mengonsumsi makanan akan menurun drastis.

Itulah 4 hal tersering yang menjadi penyebab lansia mengalami penurunan nafsu makan. Segera siatasi keadaan ini, agar kebutuhan gizi harian mereka terus terpenuhi.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar