Sukses

Mana Lebih Sehat, Es Krim atau Gelato?

Benarkah es krim lebih sehat daripada gelato, atau justru sebaliknya?

Klikdokter.com, Jakarta Es krim dan gelato merupakan makanan yang memiliki bentuk hampir mirip. Bahkan dari segi rasa, keduanya terkadang sangat sulit untuk dibedakan. Lalu, mana yang lebih sehat di antara dua jenis makanan ini?

Menurut Morgan Morano, CEO Morano Gelato Inc., gelato diklaim memiliki kandungan lemak yang lebih rendah ketimbang es krim. Lemak yang terdapat pada es krim berkisar antara 14-25%, sementara kandungan lemak pada gelato hanya berkisar 4-9%.

Selain itu, gelato juga memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang es krim. Perbedaan lainnya adalah, gelato memiliki kandungan udara 20-30%. Sementara es krim memiliki 50% atau lebih kandungan udara.

Meski begitu, lanjut Morano, setiap orang juga harus waspada. Ia mengatakan bahwa tidak semua gelato diciptakan dari bahan yang sama. Pada dasarnya gelato terbuat dari susu, krim dan sedikit kuning telur. Sementara es krim terbuat dari susu dan banyak kuning telur.

Tidak hanya itu, kini produsen gelato semakin berinovasi dengan menghadirkan berbagai varian rasa dan penyajian yang unik. Hanya saja, karena mengandung lebih sedikit udara dibandingkan es krim, maka gelato memiliki daya tahan yang lebih pendek dan hanya bisa diproduksi dalam jumlah sedikit.

Jika melihat dari komposisi keduanya, sepertinya es krim memiliki dampak yang lebih buruk bagi kesehatan. Ini karena es krim memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada gelato.

Seperti diketahui, kelebihan lemak merupakan cikal bakal obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini nantinya dapat memicu kondisi kesehatan lain yang lebih berbahaya, misalnya penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Namun, meski gelato terlihat lebih menyehatkan daripada es krim, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar